DESA-DESA PERBATASAN DI KATINGAN BELANJA KE PROPINSI TETANGGA

oleh -
DESA-DESA PERBATASAN DI KATINGAN BELANJA KE PROPINSI TETANGGA 1
Halte di Desa Karuei. Bagi Masyarakat yang ingin mengunakan jasa transportasi Taxi ke Nanga Pinoh Kalbar.

Kasongan,(Dayak News) Bagi Masyarakat yang berdomisili di bagian Utara atau paling Hulu Sungai Katingan, untuk memenuhi kebutuhan pokok (Sembako) Mareka sehari-hari sangat mudah didapati, hal itu. karena posisi Desa berada di Perbatasan antara Kalteng dan Kalbar.

Salah-satu nya Desa Tumbang Karuei, kebutuhan pokok seperti gula, beras bahkan sampai bahan bakar minyak (BBM) Mareka beli dari Kabupaten Tetangga Nanga Pinuh, Propinsi Kalimantan Barat.

Mulyo, seorang pedagang pakaian menuturkan, barang dan pakaian yang Ia jual, semuanya dibawa dari Nanga Pinoh, selanjutnya dijual ke Desa-desa yang ada di Kecamatan Bukit Raya, Kabupaten Katingan.

Masalah harga tidak terlampau jauh dari Nanga Pinoh, kualitas pakaian semuanya diatasi standar.

Menurut pedagang asongan itu, Ia memiliki jadwal dalam satu Minggu dua kali menggelar dagangannya, datang ke Desa-desa yang ada di Kecamatan Bukit Raya.

Yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Barat, seperti Desa Kaburai, Desa Tanjung Sebatik dan Desa Tumbang Karuei menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi.

“Masalah kualitas dan harga barang tidak jauh berbeda dengan di Kalimantan Barat” katanya yang saat itu sedang menggelar dagangannya.

Sementara, Indu Wely Warga lokal Desa Karuei menerangkan, sudah puluhan tahun Masyarakat yang berdomisili di Desa, yang berbatasan dengan Kalimantan Barat melakukan transaksi jual beli di Nanga Pinoh.

“Belanja di Nanga Pinoh disamping harga barang dan kebutuhan lainnya cukup murah, aksesnya cukup mudah dan cepat, kalau dibandingkan belanja di Tumbang Sanamang atau Tumbang Samba”ungkapnya Senin (6/12/2021).

Ditambahkan, dari Desa Karuei ke Serawai atau ke Nanga Pinoh, Kalbar waktu tempuhnya hanya berkisar dua sampai tiga jam dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.sehingga barang belanjaan yang sifatnya basah seperti ikan dan sayur-sayuran tidak sempat rusak atau berbau dan masih dalam kondisi segar.katanya.

Informasi yang diperoleh di lapangan, salah-satu yang mempermudahkan Masyarakat, saat ini sudah tersedia taxi dari Desa Tumbang Karuei, Kecamatan Bukit Raya ke Serawai dan Nanga Pinoh dengan biaya sekali jalan Rp.250,000,-.dan tidaklah heran kalau banyak berseliweran sepada motor maupun mobil dengan nomor polisi KB atau singkatan dari Kalimantan Barat di Desa tersebut. (Pend)

One thought on “DESA-DESA PERBATASAN DI KATINGAN BELANJA KE PROPINSI TETANGGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.