DINAS PERHUBUNGAN DAN PERIKANAN KATINGAN TEBARKAN 25 RIBU BENIH IKAN DI DESA JAHANJANG

oleh -
oleh
DINAS PERHUBUNGAN DAN PERIKANAN KATINGAN TEBARKAN 25 RIBU BENIH IKAN DI DESA JAHANJANG 1
Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan menebarkan 25 ribu benih ikan bethok/ papuyu di Danau Bulat, Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang, Selasa (21/2/2023).

Kasongan, (Dayak News) – Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan menebarkan 25 ribu benih ikan bethok/ papuyu di Danau Bulat, Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang, Selasa (21/2/2023).

Menurut Kepala Dinas, Drs Robby MAP, kegiatan itu merupakan kerjasama dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim (BPLH & PI) Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip) bersama Balai Pembudidayaan Perikanan Air Tawar (BPAT) Mandiangin Kalimantan Selatan. Dimana penebaran benih (restocking) bertujuan untuk mengimbangi perikanan tangkap yang semakin masif dilakukan masyarakat.

“Kegiatan ini juga untuk menggelorakan semangat mengembangkan sektor perikanan di daerah. Kondisi geografis kita dengan panjang sungai 696 kilometer sangat menjanjikan untuk perikanan tangkap,” ujarnya.

Disisi lain kata Robby, Kegiatan itu juga bertujuan memotivasi masyarakat melakukan kegiatan pembudidayaan ikan yang sesuai dengan kondisi alamnya.

“Dan, kegiatan restoking harus dilakukan untuk mengimbangi kegiatan perikan tangkap yang semakin intensif,” tandasnya.

Disampaikannya, Pemilihan Danau Bulat Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang sebagai lokasi penebaran benih, karena lokasi itu sudah dicadangkan menjadi kawasan konservasi perikanan, sehingga kegiatan perikanan tangkap di danau telah diatur secara ketat agar tetap memberikan nilai ekonomi tetapi kelestarian juga terjaga dengan baik.

Turut hadir dalam kegiatan restocking tersebut Anggota DPD RI Kalimantan Tengah DR. Agustin Teras Narang, Bupati Katingan Sakariyas, Kepala OPD Kabupaten Katingan, Camat Kamipang, Kepala Balai PPAT Mandiangin, Kepala Balai Karantina Palangka Raya, Kades Jahanjang, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Dan)

BACA JUGA :  PULIHKAN HARGA GABAH, SAKARIYAS BERJANJI PERCEPAT INFRASTRUKTUR JALAN KATINGAN KUALA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.