DORONG DAYA BELI MASYARAKAT, SAKARIYAS MINTA PERCEPAT LELANG PROYEK

oleh -
DORONG DAYA BELI MASYARAKAT, SAKARIYAS MINTA PERCEPAT LELANG PROYEK 1
Bupati Katingan Sakariyas.

Kasongan, (Dayak News) – Bupati Katingan Sakariyas meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah mempercepat pelaksanaan pelelangan proyek. Bahkan dirinya berharap selambat-lambatnya Bulan Maret Pelelangan fisik Pekerjaan dilaksanakan. Hal itu dikemukakannya dalam Rapat Pimpinan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) di Aula Bappelitbang, Kamis (5/1 2022).

Menurut dia, salah satu alasan percepatan penyerapan realisasi anggaran adalah meningkatkan daya beli masyarakat dimasa resesi saat ini. Dasar pemikiran itu berpijak pada hukum permintaan dan penawaran dalam pelaksanaan sebuah proyek.

“Kegiatan fisik pemerintah akan mendorong terbukanya lapangan kerja dan berusaha. Pada gilirannya akan menambah daya beli masyarakat,” Jelas Pria bergelar Sarjana Ekonomi ini.

Disisi lain, semakin cepat sebuah proyek dimulai akan memberi kelonggaran waktu kontraktor melaksanakannya. Termasuk untuk menghindar kegagalan akibat banjir.

“Semua program harus terencana dan terstruktur serta memberi manfaat nyata kepada masyarakat. Jangan sampai pekerjaan menumpuk diakhir tahun,” tandasnya.

Untuk itu, Sakariyas menginstruksikan semua kepala OPD menginventarisir semua kendala pada 2022. Selanjutnya mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

“Ingat realisasi fisik dan keuangan kita di Bulan Nopember 2022 menempati peringkat 13 dari 14 Kabupaten/kota di Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Berdasarkan hal tersebut orang nomor satu di Kabupaten Katingan ini menginstruksikan jajarannya untuk melakukan evaluasi secara berkala terhadap permasalahan yang muncul sehingga realisasi anggaran mencapai target. Rapim TEPRA yang dilaksanakan per kwartal, kata dia harus bisa mendorong dan memberi solusi pemecahan berbagai kendala penyelenggaraan fisik kegiatan.

“Memang diakhir Desember realisasi fisik dan keuangan berhasil membaik dengan angka di atas 90 persen. Dampaknya, semua kegiatan menumpuk di Bulan Desember. Saya tidak ingin hal tersebut terjadi lagi,” pungkasnya. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.