KABUPATEN KATINGAN MENJADI PILOT PROJEK PENATAUSAHAAN KEUANGAN BERBASIS SIPD

oleh -
oleh
KABUPATEN KATINGAN MENJADI PILOT PROJEK PENATAUSAHAAN KEUANGAN BERBASIS SIPD 1
Bupati Katingan, Sakariyas

Kasongan, (Dayak News) -Sebanyak 80 ASN Kabupaten Katingan mengikuti bimbingan teknis Permendagri nomor 77 tahun 2020 dalam rangka percepatan pelaksanaan dan penatausahaan APBD tahun 2022. Kegiatan tersebut diikuti Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Kuasa Bendaharawan Umum Daerah (BUD) dan Kasubag Keuangan selaku Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) pada semua Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Katingan dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Pelatihan dilaksanakan di Hotel Bahalap Palangka Raya, sejak Kamis, (10/2) hingga Minggu (13/2).

Dalam sambutannya, Bupati Katingan, Sakariyas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Pelaksana dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, D.R. Horas Maurus Panjaitan, M.E.C., Dec., beserta staf ahli yang berkenan hadir sekaligus menyampaikan materi pelatihan. Ia berharap kegiatan itu dapat berlangsung dengan baik dan bermanfaat secara langsung kepada aparatur Pengelola Keuangan Daerah.

Dimana aplikasi SIPD akan mempercepat proses realisasi keuangan daerah dengan akurasi yang tinggi dan secara tidak langsung akan memberikan dampak positif kepada kelancaran pembangunan daerah.
“Belajarlah dengan sungguh-sungguh, serap ilmu sebanyak-banyaknya agar kedepan pengaplikasian SIPD tak terkendala lagi,” pesan Sakariyas kepada peserta.

Ditempat sama, Direktur Pelaksana Pertanggungjawaban Keuangan Daerah pada Kementerian Dalam Negeri, D.R. Horas Maurus Panjaitan, M.E.C. Dec., memberi appresiasi yang tinggi atas niat Pemerintah Kabupaten Katingan memperdalam dan mempercepat pelaksanaan Permendagri nomor 77 tahun 2020. Peraturan itu menjadi modul dan panduan dalam rangka penatausahaan pendapatan, anggaran, belanja dan laporan keuangan daerah.

“Untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kabupaten Katingan menjadi pilot projek Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri R.I. terkait pengaplikasian SIPD sampai ke level pelaporan keuangan daerah. Untuk itu perkembangan pengaplikasian SIPD akan terus dilakukan pembinaan dan pemantauan sampai aparatur keuangan daerah Pemerintah Kabupaten Katingan dapat memahami dan menerapkan,” tandasnya. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.