KAPOLSEK TEWANG SANGGALANG GARING SEBUT MASIH LAKUKAN UPAYA PERSUASIF ATASI TAMBANG ILLEGAL

oleh -
oleh
KAPOLSEK TEWANG SANGGALANG GARING SEBUT MASIH LAKUKAN UPAYA PERSUASIF ATASI TAMBANG ILLEGAL 1
Ipda Didik Suhardianto, S.H.

Kasongan, (Dayak News) – Kapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan, Kabupaten Katingan Ipda Didik Suhardianto, S.H. mengatakan, guna mencegah semakin bertambahnya kerusakan lingkungan akibat tambang illegal telah melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar berhenti bekerja disektor itu.

Sosialisasi rutin selalu dilaksanakan dengan membuat spanduk di tempat umum serta edukasi yang dilaksanakan dari rumah ke rumah. Hal itu dikemukakannya usai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Selasa, (14/2 2023).

Namun, Didik Suhardianto menyebutkan masih belum ada memberi sanksi secara tegas kepada pelaku illegal minning. Dirinya menyebut tambang illegal sudah menjadi usaha turun temurun masyarakat sehingga untuk mengubah pola mata pencaharian tersebut memerlukan waktu dan dilaksanakan secara perlahan.

“Cukup dilematis juga, satu sisi tambang tersebut menjadi mata pencaharian masyarakat, tapi faktornya jelas merusak lingkungan,” ungkapnya.

Disampaikannya memang belum ada tindakan tegas yang dilakukan pihaknya seperti penangkapan dan rajia. Ia beralasan saat ini pihaknya masih fokus kepada upaya himbauan yang terus intensif dilakukan.

Tapi, menurut dia tidak menutup kemungkinan kepolisian akan bertindak tegas bila apa yang disosialisasikan tak digubris.

“Saat ini kita masih fokus pada upaya persuasif terutama untuk pemulihan ekonomi yang babak belur akibat pandemi,” pungkasnya. (Dan)

BACA JUGA :  KETUA KONI KATINGAN ANGKAT BICARA TERKAIT RENCANA TONI YUSEPTA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.