KATINGAN SENTRA PRODUKSI ROTAN KALTENG

oleh -
oleh
KATINGAN SENTRA PRODUKSI ROTAN KALTENG 1

Kasongan 4/7/19 (Dayak News). Sekda Katingan, Nikodemus mengungkapkan bahwa kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini adalah merupakan sentra produksi rotan di Kalimantan Tengah. Hampir 50 persen penduduk yang tinggal di sekitar hutan memiliki kebun rotan.

“Sejak dulu rotan sudah menyatu dengan kebudayaan masyarakat di Katingan, dan sering digunakan untuk pelengkap upacara dan perayaan adat,” ujar Nikodemus saat membuka focus group discussion kebijakan tata niaga rotan, Kamis, 4 Juli 2019.

Selain itu rotan menjadi kerajinan dengan menggunakan motif khas Dayak yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan pengrajin rotan lainnya.

Namun akhir-akhir ini terjadi penurunan produksi rotan akibat dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat yang mengatur hilirisasi rotan atau ketentuan ekspor serta kebijakan daerah tentang alih fungsi lahan.

Padahal Kabupaten Katingan memiliki potensi sumber daya alam hayati berupa rotan paling besar di Kalteng.

Berdasarkan data dinas kehutanan 2006 lahan rotan di Katingan mencakup kawasan lebih dari 325.000 hektare.

Saat ini dengan adanya okupasi lahan terdapat kurang lebih 120.000 hektare tersisa kebun rotan yang mampu menghasilkan rotan basah 99, 4 ton per tahun.

Ditemukan 41 jenis rotan yang berhasil diidentifikasi di sejumlah wilayah di Katingan. Namun hanya ada 2 jenis rotan yang dibudidayakan masyarakat yaitu rotan irit atau taman dan rotan sigi atau sega. (Dayak News/PR)

BACA JUGA :  NASIB HONORER K2 KURANG JELAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.