KAWASAN PERMUKIMAN BERTAMBAH, KAPASITAS TPA OVERLOAD

oleh -
oleh
KAWASAN PERMUKIMAN BERTAMBAH, KAPASITAS TPA OVERLOAD 1
Ir. Hap Baperdo

Kasongan, (Dayak News)– Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Katingan Hilir over loading. Sampah banyak berserakan di pinggir jalan. Adanya penambahan permukiman menjadi salah pemicu kejadian itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Ir. Hap Baperdo mengakui hal tersebut. Ia beralasan adanya kawasan permukiman baru membuat volume sampah bertambah sehingga kapasitas yang ada tidak mampu menampung.

“Untuk tahun anggaran 2021 sudah diprogramkan terkait dengan penambahan lokasi TPA itu baik di Kasongan maupun di Kereng Pangi, ” ujarnya Rabu (27/1).

Lebih lanjut Hap Baperdo mengatakan, sejauh ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah rumah tangga di TPA sudah ada peningkatan dibanding sebelumnya.

Namun, kata dia untuk TPA yang ada sebenarnya hanya diperuntukkan sebagai tempat membuang sampah rumah tangga saja.

Akan tetapi tidak jarang ditemui di beberapa TPA menumpuk sampah batang kayu, ranting kayu dan daun dari tanaman pohon buah milik warga.

“Petugas sering menemukan sampah batang kayu ini yang sengaja dibuang oleh warga di sekitar TPA, sehingga petugas kesulitan untuk membawa ke tempat pembuangan akhir, sebab TPA peruntukkannya hanya untuk sampah rumah tangga bukan batang kayu belas pohon buah itu, ” keluhnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah batang kayu ini di sekitar TPA.

Bahkan dirinya meminta petugas jika mengetahui ada warga yang membuang sampah batang kayu ini untuk meminta ongkos angkut kepada yang bersangkutan. “Mudah-mudahan usulan penambahan TPA tahun ini dikabulkan,” pungkas mantan Kepala Dinas kehutanan Kabupaten Katingan ini. (Dan)

BACA JUGA :  FRAKSI GOLKAR MINTA EKSEKUTIF JANGAN MUDAH TERSINGGUNG JIKA DIKRITIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.