KEDEPANKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENCURIAN SAWIT, SATU ANGGOTA POLRES KATINGAN RAIH PREDIKAT CUM LAUDE

oleh -
oleh
KEDEPANKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENCURIAN SAWIT, SATU ANGGOTA POLRES KATINGAN RAIH PREDIKAT CUM LAUDE 1

Kasongan, (Dayak News) – Satu Anggota Polres Katingan torehkan prestasi pada jenjang pendidikan Magister Hukum (S2) Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya. Pada Rapat Senat Terbuka Universitas Palangka Raya, Jum’at (28/ 04 2023), semua mata tertuju kepada yang bersangkutan sebagai wisudawan terbaik Program S2.

Diketahui sosok tersebut adalah Iptu Affan Effendi Batu Bara, S.H., M.H., yang saat sekarang masih menjabat sebagai Kapolsek Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Menempuh studi relatif singkat yakni 1 tahun 7 bulan ia meraih predikat Cum Laude atau Sangat memuaskan.

KEDEPANKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENCURIAN SAWIT, SATU ANGGOTA POLRES KATINGAN RAIH PREDIKAT CUM LAUDE 2

Dengan judul tesis Restorative Justice Pencurian Buah Sawit, Indeks Prestasi Kumulatif yang dicapai pun tidak main-main yakni, 4,00 atau nilai tertinggi dari skala yang ada.

Iptu Affan Effendi Batu Bara, S.H., M.H, pernah bertugas sebagai Kapolsek di Kecamatan Tasik Payawan selanjutnya mutasi sebagai Kapolsek Katingan Tengah. Beberapa kegiatan yang sering melibatkan media massa diantaranya kampanye tentang bahaya tambang ileggal dan pengrusakan hutan, sosialisasi larangan pungli serta kampanye pencegahan Kebakaran hutan dan lahan.

Sebagian Wilayah Kecamatan Katingan Tengah yang menjadi tempat perkebunan sawit mengakibatkan maraknya konflik agraria antara masyarakat dan perusahaan. Tak jarang pencurian buah sawit menjadi alasan karena masyarakat merasa memiliki hak ulayat atas tanah. Hal itu menjadi inspirasi dan dituangkan dalam judul tesis yang akhirnya menjadi terbaik.

Menurut dia, dalam kasus pencurian buah sawit tak semua harus diselesaikan di Pengadilan. Kepolisian mengedepankan upaya-upaya perdamaian dengan tujuan saling menguntungkan masing-masing pihak.
(Dan)

BACA JUGA :  BUPATI KATINGAN SERAHKAN KENDARAAN PINJAM PAKAI UNTUK POLRES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.