KEPALA PELAKSANA BPBD KATINGAN INGATKAN WARGA WASPADA BANJIR

oleh -
KEPALA PELAKSANA BPBD KATINGAN INGATKAN WARGA WASPADA BANJIR 1
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus.

Kasongan, (Dayak News) – Masyarakat di bantaran Sungai Katingan diharapkan waspada menyikapi curah hujan yang semakin tinggi saat ini. Banjir besar 2021 bisa saja terjadi. Hal itu dikemukakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus kepada dayaknews.com, Kamis (2/3 2021).

Untuk itu dia mengingatkan warga yang berada di pinggiran Kali Katingan terus waspada dengan terus menjaga keselamatan jiwa dan harta benda. Bahkan dirinya berharap lokasi permukiman rentan terendam air bisa direlokasi.

“Kami menghimbau masyarakat agar terus waspada dan melakukan upaya-upaya pencegahan guna mengurangi kerugian akibat banjir,” tandasnya.

Menurut Markus, upaya mitigasi sangat penting bagi warga guna mengurangi kerugian yang terjadi. Bencana alam bisa terjadi kapan saja.

“Sekali lagi kami mengingatkan masyarakat terus waspada,” imbuhnya.

Meskipun curah hujan cukup tinggi dalam beberapa hari ini, dia menilai debit air Sungai Katingan masih dalam batas normal. Tetapi banjir bisa saja terjadi mengingat curah hujan yang terus meninggi.

“Debit air Sungai Katingan masih dalam batas kewajaran, tetapi harapan kami warga terus berhati-hati,” ulangnya.

Curah hujan memang semakin meninggi di Kabupaten Katingan saat ini. Bahkan membuat Jalan Tjilik Riwut kilometer 18,5 terendam air setinggi lutut orang dewasa dua hari yang lalu. Namun masih bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Kekinian genangan air di ruas Jalan Trans Kalimantan tersebut berangsur surut. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.