MANTAN KADES KIHAM BATANG DIDUGA MENYELEWENGKAN DANA DD, INSPEKTORAT AKAN MELAKUKAN RIKSUS

oleh -
MANTAN KADES KIHAM BATANG DIDUGA MENYELEWENGKAN DANA DD, INSPEKTORAT AKAN MELAKUKAN RIKSUS 1
Mantam Kades Kiham Batang, Honda

Kasongan, (Dayak News) Diduga melakukan penyelewengan dana desa tahun 2020 dan penyalahgunaan wewenang berupa pencairan dana senilai delapan persen dari pagu padahal jabatan telah berakhir, mantan kades Kiham Batang, Honda bakalan diperiksa oleh Inspektorat Kabupaten Katingan.

Inspektur Kabupaten Katingan, Drs Deddy Ferras, M.Si. membenarkan akan mengadakan pemeriksaan khusus terhadap mantan kades.

“Betul, ada surat permohonan dari camat Katingan Hulu untuk mengadakan riksus,” ujarnya.

Pemeriksaan berkaitan dengan dana sebesar delapan persen dari Dana Desa tahun anggaran 2021 yang sudah dicaikan, padahal jabatan telah berakhir.

Selain itu, untuk tahun anggaran 2020, belum ada laporan dari mantan kades menyangkut realisasi penggunaan dana desa.

Ketika ditanya lebih detil lagi, Deddy enggan mengungkapkan lebih jauh menyangkut permasalahan yang menjadi materi pemeriksaan.

Terpisah, Camat Katingan Hulu, Yaben, S.Ag. yang coba dihubungi, enggan memberikan komentar. Pertanyaan yang diajukan via pesan belum ada balasan hingga saat ini, Senin (12/7).

Penelusuran awak media dayaknews.com, berdasarkan surat Camat Katingan Hulu, Yaben S. Ag. Menyebutkan, laporan realisasi penggunaan anggaran tahun 2020 belum ada disampaikan mantan kades.

Dalam surat itu juga menyebut ada penyalahgunaan wewenang berupa pencairan dana Covid-19 senilai delapan persen, padahal jabatan kades telah berakhir.

“Akibat tidak adanya laporan realisasi penggunaan anggaran tahun 2020 dan penyalahgunaan wewenang berupa pencairan dana delapan persen tahun 2021, padahal masa jabatan telah berakhir berdampak terhadap masyarakat Kiham Batang,” demikian camat.

Sementara, mantan Kades Kiham Batang, Honda, membantah jika kegiatan tidak terlaksana . Laporan juga telah disampaikan langsung kepada Inspektorat, namun belum ada disampaikan kepada pihak kecamatan.

“Dana sudah dibelanjakan sesuai kebutuhan dan realisasi, sudah dibuat namun dalam perbaikan. Kemaren saya minta bantuannya PLD Desa Kiham Batang untuk memperbaiki dan langsung Meinputkannya,” bantah Honda, (10/7). (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.