MEMASUKI BULAN APRIL PETANI DI KATINGAN MULAI MUSIM TANAM

oleh -7 views
MEMASUKI BULAN APRIL PETANI DI KATINGAN MULAI MUSIM TANAM 1
Sawah diolah dengan cara dibajak dengan menggunakan Handtraktor.

Kasongan ,(Dayak News) Bagi Petani yang ada dibagian Selatan seperti di Kecamatan Mandawai dan Kecamatan Katingan Kuala bulan April adalah bulan untuk memulai penanaman padi.

Namun sebelumnya petakan-petakan sawah dibersihkan dari gulma dan sisa-sisa batang padi saat panen pada Bulan yang lalu,sawah diolah dengan cara dibajak dengan menggunakan Handtraktor.

Seperti yang dilakukan oleh para Petani di Desa Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala.

Menurut Suwito,memasuki Bulan April, bagi para Petani yang berada di Transmigrasi, adalah bulan untuk memulai musim tanam padi.

Namun sebelumnya sawah dibersihkan dari sisa-sisa batang padi, setelah itu baru tanahnya dibajak secara merata dengan mengunakan Handtraktor

“Padi yang ditanam pada Bulan April ini masuk musim panen antara Bulan juli dan Agustus 2021 artinya usia padi hanya 6 bulan”terangnya Jumat (2/4/2021) seraya menambahkan petani dapat melakukan panen dua kali dalam satu Tahun.

Terkait luas lahan,menurut Tokoh Masyarakat Desa Jaya Makmur itu,khusus untuk Desa Jaya Makmur luas persawahan yang dikelola oleh para Petani 1.500 Hektar,sementara hasil panen untuk 1 Hektar mencapai 5 ton. (PEND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *