MENDEKATKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT, SAKARIYAS MODERNISASI PUSKESMAS MENDAWAI DAN PAGATAN II

oleh -
oleh
MENDEKATKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT, SAKARIYAS MODERNISASI PUSKESMAS MENDAWAI DAN PAGATAN II 1
Bupati Katingan Sakariyas meletakan batu pertama pembangunan puskesmas di Kecamatan Mendawai dan Pagatan II (Desa Jaya Makmur), Selasa (21/3/2023).

Kasongan, (Dayak News) – Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Katingan Sakariyas programkan modernisasi pembangunan puskesmas setiap kecamatan bahkan desa. Seperti baru-baru ini, ia meletakan batu pertama pembangunan puskesmas di Kecamatan Mendawai dan Pagatan II (Desa Jaya Makmur), Selasa (21/3/2023).

Sebelumnya Sakariyas getol berkunjung ke fasilitas layanan kesehatan masyarakat di desa terpencil. Dalam beberapa kesempatan, tanpa rasa segan orang nomor satu di Kabupaten Katingan ini meminta saran dan petunjuk dari masyarakat sehubungan dengan pelayanan kesehatan. Modernisasi puskesmas menjadi salah satu jawaban terhadap tantangan itu.

MENDEKATKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT, SAKARIYAS MODERNISASI PUSKESMAS MENDAWAI DAN PAGATAN II 2

“Setiap puskesmas nantinya bisa untuk rawat inap. Kita akan sediakan tenaga medis seperti dokter dan perawat yang memang sungguh-sungguh mengabdi untuk masyarakat,” tandasnya.

Ternyata pembangunan dan modernisasi Puskesmas sejalan dengan RPJMD Katingan 2018-2023 serta visi dan misi Bupati Katingan yakni KATINGAN BARMARTABAT. Dengan memberi akses pelayanan kesehatan yang merata kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Katingan tanpa memandang status sosial.

Dilahirkan dari keluarga sederhana dan kekurangan, Sakariyas yang semenjak kecil hidup terpisah jarak dari orang tua, membuatnya mapan dan memahami apa yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat kecil. Akhirnya hal itu ia tuangkan dalam program pembangunan jangka menengah dan jangka panjang.

MENDEKATKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT, SAKARIYAS MODERNISASI PUSKESMAS MENDAWAI DAN PAGATAN II 3

Guna melindungi warga miskin yang rentan terhadap pelayanan kesehatan, ia berupaya mendorong dinas kesehatan untuk melakukan pendataan masyarakat miskin untuk mendapat akses jaminan layanan kesehatan melalui BPJS. Alhasil 95 persen lebih Warga Kabupaten Katingan telah mendapat akses Jaminan Layanan Kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat. Keberhasilan itu akhirnya berbuah manis, ketika Sakariyas mendapat penghargaan atas dedikasinya melalui Anugerah Universal Health Coverage (UHC) yang diterimanya di Jakarta Minggu lalu.

BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal, Dua Anak Tewas

Sementara, Kepala Desa Bumi Subur, Volta Dinata menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Katingan Sakariyas, atas upayanya memberi jaminan layanan kesehatan bagi masyarakat tanpa memandang status sosial ekonomi. Pembangunan dan peningkatan puskesmas kata dia, sangat bermanfaat terutama untuk wilayah yang saat ini kesulitan dalam transportasi.

Disampaikannya, akses jalan yang kurang memadai membuat warga desanya kesulitan untuk mendapat akses layanan kesehatan yang memadai. Terutama lansia sangat terdampak dengan kondisi itu.
“Adanya puskesmas rawat inap sangat membantu masyarakat. Tidak lagi harus ke ibukota kecamatan ataupun Kabupaten jika ada yang sakit,” ungkapnya. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.