MUSIM KEMARAU JADI BERKAH BAGI MASYARAKAT DESA TELAGA KATINGAN

oleh -17 views
MUSIM KEMARAU JADI BERKAH BAGI MASYARAKAT DESA TELAGA KATINGAN 1
Warga Desa Talaga dengan hasil tangkapan ikannya yang memenuhi perahu.

KASONGAN (Dayak News) Musim kemarau seperti menjadi Berkah tersendiri bagi Masyarakat yang berdomisili di Wilayah Selatan,khususnya Masyarakat di Desa Telaga,Kecamatan Kamipang.

Dengan mengunakan alat tangkap ikan Tradisional seperti Jaring,dan pangilar,dari hasil alat tangkap tersebut, dalam sehari panen ikan 10 sampai 20 kilo gram.

Ikan yang diolah menjadi ikan kering tersebut di jual ke pengepul dengan harga yang bervariasi.

Usuf,Warga Desa Telaga menuturkan,beberapa pekan ini Nelayan Tradisional dengan mengandalkan alat penangkap ikan seperti jaring atau renge dan pangilar bisa memperoleh 10-20 kilo gram perhari nya.

“Bebagai jenis ikan tersebut sebahagian diolah menjadi ikan kering, yang diolah menjadi ikan kering harganya cukup tinggi berkisar Rp.17,000 sampai Rp.20,000,-perkilo, sementara yang masih utuh dihargai Rp 10,000,-sampai Rp.15,000,”terangnya.

Menurut Usuf, alat tangkap ikan yang mereka pakai hanya Pangilar dan jaring atau Rengge yang dipasang di Sungai Kalaru, hasil alat tangkap tersebut berbagai jenis ikan seperti biayawan, lais, pantik dan ikan pipih sepertinya sudah menjadi langanan,” katanya. Minggu (7/3/2021). (Pend)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *