OBYEK WISATA RIAM JERAWI BERPOTENSI MENJADI PEMBANGKIT LISTRIK

oleh -
oleh
OBYEK WISATA RIAM JERAWI BERPOTENSI MENJADI PEMBANGKIT LISTRIK 1
Riam Jerawi

Kasongan (Dayak News) – Riam Jerawi yang terletak di bagian hulu Katingan ternyata menyimpan potensi besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam dan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Bupati Katingan Sakariyas bahkan berharap dimasa depan Waduk Riam Jerawi mampu menyupply seluruh energi listrik di Kabupaten Katingan khususnya serta Kalimantan Tengah pada umumnya. Hal itu dikemukakannya disela-sela kegiatan Jelajah Wisata Riam Jerawi Kamis, (15/6/2023).

Orang nomor satu di Kabupaten Katingan inipun berharap masyarakat bisa menjaga kelestarian alam sekitarnya. Kekayaan alam yang terpendam tersebut, kata dia suatu waktu bisa punah akibat kelalaian manusia.

“Sampah plastik jangan dibuang di tempat sembarangan. Sumber daya alam yang wajib dikelola dengan kearifan lokal,” ujarnya.

Sakariyas mengatakan Riam Jerawi yang memiliki panjang dua kilometer berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata alam petualangan. Disisi lain infrastruktur jalan yang ada saat ini, sangatlah memadai untuk dilalui kendaraan kecil.

“Nanti di lokasi ini akan dibangun gasebo sebagai tempat istirahat,” tandasnya.

Disampaikannya, guna membangun waduk Riam Jerawi, dana ABPD tidaklah cukup. Untuk itu dirinya mengharapkan bantuan pemerintah pusat melalui dana APBN.

“Nanti listrik yang dihasilkan tidak saja untuk kebutuhan Kabupaten Katingan, tetapi seluruh Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Sekadar informasi Riam Jerawi terletak di Desa Tumbang Tangoi Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan. Untuk mencapai lokasi wisata itu membutuhkan waktu sekitar 9 jam dengan jarak tempuh mencapai 210 kilometer dari Kota Kasongan. (Dan)

BACA JUGA :  PROBLEM PUPUK DI KATINGAN KUALA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.