PDAM MERUGI, SUPPLY AIR TERHENTI SELAMA LIMA JAM AKIBAT TUNGGAKAN LISTRIK PLN

oleh -384 views
PDAM MERUGI, SUPPLY AIR TERHENTI SELAMA LIMA JAM AKIBAT TUNGGAKAN LISTRIK PLN 1
Ardiansyah, Kepala PDAM Kasongan

Kasongan, (Dayak News) Diduga mengalami kerugian, PDAM Kasongan menunggak pembayaran listrik kepada PLN senilai Rp. 78.371.107,-.

Dampaknya, supply air bersih untuk wilayah Kasongan II dan Mendawai sempat terhenti selama lima jam, akibat pemutusan sambungan listrik oleh PLN, kemarin (24/5) sekira jam lima sore hingga jam 11 malam.

Padahal, melalui suratnya PLN Kasongan telah mengingatkan pembayaran listrik selambatnya tanggal 20 setiap bulan. Namun pihak PDAM belum mampu membayar tagihan.

Upaya negoisiasi telah diupayakan dengan pihak PLN Kasongan, hingga sambungan air kepada pelanggan kembali menyala sekira pukul 23.20 tadi malam.

“Secara pembukuan kami tidak defisit, tapi ini akibat banyaknya tunggakan dari para pelanggan,” sebut Kepala PDAM Kasongan, Ardiansyah, Selasa (25/5).

Ardiansyah mengakui, tiap bulan selalu mendapat subsidi dari Pemkab Katingan senilai 110 juta rupiah sebagai bentuk kompensasi atas selisih tarif.

Meskipun mendapat subsidi, kepala PDAM Kasongan menyebutkan secara finansial masih merasa terganggu.

“Terganggu, keuangan PDAM, sehingga dalam upaya pemeliharaan ataupun perbaikan guna meningkatkan mutu pelayanan tidak bisa secara maksimal,” keluhnya.

Rencana kedepan, Pihaknya akan melakukan tindakan tegas kepada pelanggan berupa penyegelan bahkan pemutusan sambungan untuk pelanggan yang menunggak.

Sekedar informasi untuk Kabupaten Katingan terdapat 5.089 pelanggan PDAM yang menurut data banyak yang menunggak. Berbeda dengan Kabupaten induk Kotawringin Timur yang selalu mendapat laba, PDAM Kasongan masih bergantung kepada subsidi Pemerintah Kabupaten Katingan (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.