PENDERITA DBD DI KATINGAN MENURUN

oleh -14 views
PENDERITA DBD DI KATINGAN MENURUN 1

Kasongan,13/1/19 (Dayak News). Penyakit demam berdarah dengue (DBD) masih belum hilang di Kabupaten Katingan. Pasalnya, hingga saat ini masih ada warga Katingan terutama anak-anak yang terserang gejala penyakit mematikan itu.

“Sampai sekarang memang jumlah warga yang terserang DBD itu menurun, tapi belum sepenuhnya hilang,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, dr Robertus Pamuryanto, Minggu (13/1/2019).

Menurutnya saat ini hampir setiap hari ada pasien yang dirawat baik di puskesmas maupun di RSUD Mas Amsyar Kasongan. Tetapi jumlah pasien DBD ini menurun dibanding sebelumnya.

Meski masih ada saja warga yang terserang DBD, sejauh ini belum ada warga meninggal dunia karena serangan DBD itu. “Kalau tahun 2018 kemarin tercatat ada dua warga yang terserang DBD meninggal dunia, sedangkan tahun 2019 hingga per tanggal hari ini belum ada laporan warga meninggal akibat DBD itu,” katanya.

Untuk itu, Robertus mengimbau kepada warga agar tetap mewaspadai penyebaran penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegepty itu.

“Pencegahan paling utama agar tidak terserang DBD itu menjaga lingkungan agar tetap bersih, terutama dari tempat-tempat penampungan air seperti kaleng bekas atau ember yang tak terpakai, sebab tempat tersebut bisa dijadikan perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD,” imbuhnya. (Dayak News/PR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *