SAKARIYAS MELANTIK DAMANG KECAMATAN MENDAWAI

oleh -
oleh
SAKARIYAS MELANTIK DAMANG KECAMATAN MENDAWAI 1

Kasongan, (Dayak News) -Bupati Katingan Sakariyas melantik Damang di Kecamatan Mendawai, Rabu (9/2). Pelantikan dan pengangkatan Damang itu sesuai Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah nomor 16 tahun 2008. Dimana kedudukan Damang sebagai mitra camat selaku pimpinan wilayah.

Dalam sambutannya, Sakariyas menekankan fungsi dan kinerja Damang dalam bidang pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat dan lembaga adat serta hukum adat di wilayahnya. Untuk itu, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab Damang diharapkan dapat memberi kontribusi nyata untuk pembangunan daerah.

“Diharapkan Damang selaku Kepala Adat dapat menegakkan budaya huma betang dan belum bahadat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari,” tandasnya.

SAKARIYAS MELANTIK DAMANG KECAMATAN MENDAWAI 2

Dalam acara yang dirangkai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tersebut, Sakariyas melantik Khairil Anwar sebagai Damang Kecamatan Mendawai.

Pada kesempatan itu, Sakariyas menjelaskan porsi APBD Kabupaten Katingan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Dimana 20 persen diperuntukkan pendidikan, minimal 10 persen bagi kesehatan, selanjutnya 10 persen untuk Dana Desa dan 460 miliar untuk belanja Pegawai.

Kisaran APBD Kabupaten Katingan yang hanya sebesar Rp1,2 Triliun tentu mengakibatkan belanja Pembangunan sangat sedikit.

“Perlu dicari sumber-sumber lain untuk menambah belanja Pembangunan. Saya berharap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat membuat terobosan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah itu,” himbaunya. (Dan)

BACA JUGA :  CURI KOTAK AMAL DAN AMPLI MESJID, PEMUDA PIRANG DIBUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.