SALAH PROSEDUR, 11 KADES WAJIB KEMBALIKAN DANA DUA MILLIAR LEBIH

oleh -717 views
SALAH PROSEDUR, 11 KADES WAJIB KEMBALIKAN DANA DUA MILLIAR LEBIH 1
Drs. Deddy Ferras, M.Si

Kasongan, (Dayak News) -Sebelas kepala desa (Kades) di kecamatan Katingan Hulu berkewajiban mengembalikan dana sebesar Rp. 2.078.360.000,- (Dua Milyar Tujuh Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah).

Sanksi tersebut sebagai tindak lanjut hasil pemeriksaan khusus pembuatan badan jalan tembus dari desa Kiham Batang sepanjang 43 kilometer.

Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Kabupaten Katingan, Drs. Deddy Ferras, M.Si membenarkan hal itu. Sanksi yang diberikan adalah mewajibkan 11 kepala desa dan mantan camat Katingan Hulu, Hernadie mengembalikan dana yang telah mereka bayar dari H. Asang Triasa.

“Ya, 11 desa bersama camat Katingan Hulu wajib mengembalikan dana desa yang telah terbayar kepada H. Asang Triasa, ” sebut Inpektur Kabupaten Katingan, Drs. Deddy Ferras, M.Si. Sebutnya Minggu (6/6).

Berdasarkan surat Wakil Bupati Katingan nomor 701.057/09/TLHP-K/Insp/2022 tanggal 23 April 2021 sebelas kepala desa itu adalah Desa Kiham Batang, Rantau Bahai, Sei Nanjan, Tumbang Kuai, Kuluk Sapangi, Dehes Asam, Tumbang Sabayan, Rangan Kawit, Rantau Puka, Tumbang Salaman dan Desa Telok Tamoang.

Sebelumnya dana tersebut telah terbayarkan kepada kontraktor Pembuatan jalan tembus H. Asang Triasa secara bertahap.

Namun dalam perjalanannya ternyata menyalahi prosedur pengadaan barang dan jasa untuk desa. Merujuk pada Permendes dan Perbup tentang penggunaan dana desa wajib swakelola dan dilarang menggunakan kontraktor.

Dari 11 desa yang melakukan pembayaran, ternyata ada dua desa yang lunas membayar. Dua desa tersebut adalah Tumbang Salaman dan Telok Tampang.

Dua Kades itu, coba dihubungi, Selasa (8/7) enggan komentar. Pertayaan diajukan via sms dan whats App tidak berbalas. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.