SEKDA LANTIK FORUM PUSPA KATINGAN PERIODE 2021-2023

oleh -
SEKDA LANTIK FORUM PUSPA KATINGAN PERIODE 2021-2023 1

Kasongan (Dayak News) -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Pransang, melantik Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kabupaten Katingan Periode 2021-2023 di Aula Bappelitbang Katingan, Kamis (25/11/2021).

Forum Pupspa Katingan tersebut diketuai oleh Winda Natalia, prosesi acara pertama dilakukan pengukuhan oleh Ketua III Forum PUSPA Provinsi Kalimantan Tengah Hj Lily Handayanie mewakili Ketua Forum Puspa Kalteng, dan dilanjutkan pelantikan oleh Sekda Kabupaten Katingan Pransang.

Dalam sambutannya Sekda Pransang mengucapkan Selamat kepada para pengurus yang dilantik, Sekda berterimakasih karena dalam komposisi kepengurusan Forum Puspa di Katingan sudah terwakili oleh berbagai elemen.

Dia berharap organisasi Forum Puspa, dapat memberikan kontribusi yang terbaik dalam mengemban amanah yang telah diberikan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Katingan, dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak, melalui 3M yaitu mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang, dan mengakhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan di Kabupaten Katingan.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelantikan yang juga Kepala Dinas P3AP2KB Katingan, Rentas mengatakan Puspa di bentuk sebagai wadah komunikasi dan koordinasi semua elemen untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

SEKDA LANTIK FORUM PUSPA KATINGAN PERIODE 2021-2023 2

Ketua Forum Puspa Provinsi Kalimantan Tengah, Hj. Nunu Andriani,SE.,M.Pd. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua III Forum PUSPA Provinsi Kalimantan Tengah Hj Lily Handayanie mengatakan Indonesia merupakan negara yang memiliki permasalahan sosial yang cukup kompleks, terutama permasalahan pada Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak.

Berbagai praktek buruk yang mengancam hak-hak perempuan dan anak masih terjadi saat ini, mulai dari pekerja anak, perkawinan anak, trafficking, perlakuan tidak adil terhadap perempuan dan anak. Oleh karena itu Presiden RI mempunyai 5 Program Prioritas Perempuan dan Anak Yaitu ; 1). Peningkatan Pemberdayaan Perempuan, 2). Peningkatan Peran Ibu dan Keluarga dalam Pendidikan/ Pengasuhan Anak, 3). Penurunan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, 4). Penurunan Pekerja Anak, dan 5). Pencegahan Perkawinan Anak.

Forum PUSPA dibentuk bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah menyelesaikan kesenjangan dan kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, karena Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan eleman masyarakat.

Puspa adalah wadah untuk menyamakan persepsi dan bekerja sama untuk mengatasi permasalahan perempuan dan anak, diantaranya trafficking, kekerasan, prostitusi, pernikahan dini, putus sekolah bagi anak perempuan, eksploitasi, kematian ibu dan anak.

Forum PUSPA juga sebagai wadah partisipasi masyarakat untuk menyuarakan kepentingan masyarakat dan menuntut hak mereka agar tidak ada lagi kekerasan pada perempuan dan anak, tidak terjadi lagi perdagangan manusia, serta tidak ada lagi ketimpangan atau ketidakadilan ekonomi pada perempuan. Demikian sambutan Ketua Puspa Kalteng.

Pelantikan dan Pengukuhan Forum Puspa itu juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Katingan yaitu Kapolres, Dandim, Kejaksaan, Ketua Pengadilan serta para undangan lainnya dan juga Pengurus Forum Puspa Kalteng. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.