Curi Sawit Prusahaan Lima Pria di Kobar Ditangkap Polisi

oleh -
oleh
Curi Sawit Prusahaan Lima Pria di Kobar Ditangkap Polisi 3

Pangkalan Bun (Dayak News) – Polres Kotawaringin Barat (Kobar) mengamankan 5 orang pelaku pencurian buah sawit dari kebun perusahaan kelapa sawit, P.T. GSYM dan P.T.BJAP 2 di Kecamatan Arut Utara (Aruta).

Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman,S.I.K, M.I.K, didampingi Kasat Reskrim AKP Yoga Panji Prasetyo mengatakan, penangkapan terhadap lima orang tersangka dalam tindak pidana pencurian dengan pemberatan dari tiga Laporan Polisi (LP).

Curi Sawit Prusahaan Lima Pria di Kobar Ditangkap Polisi 4

Pada LP pertama terdapat satu tersangka inisial MS yang melakukan pencurian buah sawit dengan cara memanen tanpa izin di kebun milik PT GSYM di Kecamatan Arut Utara, pada 8 Mei 2024.

“Saat memanen tersangka ini bersama dua orang temannya, namun saat security berupaya menangkapnya. Dua temannya melarikan diri, dan akibat perbuatan tersangka, PT GSYM mengalami kerugian sebesar Rp4.094.000;,” ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, Kelima tersangka yang diamankan ini, mereka bukan satu komplotan. Jadi mereka beraksi masing-masing di hari yang berbeda. Semuanya merupakan warga Kabupaten Kobar,” terang Kapolres.

Kemudian, LP kedua terdapat tiga tersangka yaitu RS, D, dan YK yang melakukan pencurian buah sawit di kebun milik PT. BJAP 2, di Kecamatan Arut Utara, pada 10 Mei 2024. Atas kejadian tersebut, PT. BJAP 2 mengalami kerugian sebesar Rp3.014.000,-.

“Dalam aksinya itu, mereka mengendarai mobil pickup menuju lokasi kebun perusahaan tersebut. Saat dilokasi, mereka membagi tugas, mulai dari memanen, mengangkut dan menjual. Namun, belum sempat terangkut semua, aksi para pelaku diketahui petugas,” kata Kapolres.

Untuk LP ketiga, tersangka inisial M yang melakukan pencurian di PT BJAP 2 yang terletak di Kecamatan Arut Utara, pada 15 Mei 2024.

Tersangka ini melakukan aksinya bersama 5 orang rekannya. Namun, saat hendak ditangkap oleh pihak security, 5 orang tersangka lainnya melarikan diri. Adapun kerugiannya mencapai Rp3.640.000,.

BACA JUGA :  Pengusaha Nasional H.Abdul Rasyid Kembali Gelar Acara Buka Puasa Bersama

“Pasal yang disangkakan adalah Pasal 363 Ayat (1) ke 4 e KUHP dengan ancaman pidana selama 5 tahun penjara atau 7 tahun penjara,” tutup Kapolres.(GST).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.