Festival Menghampar Wadai Upaya Lestarikan Kekayaan Kuliner di Kobar

oleh -
oleh
Festival Menghampar Wadai Upaya Lestarikan Kekayaan Kuliner di Kobar 3
Plh. Sekda Kobar, Juni Gultom mencicipi "wadai" khas kotawaringin dalam Festival Menghampar Wadai 2023, Minggu (29/10/2023).

Pangkalan Bun (Dayak News) – Kekayaan kuliner masyarakat Kotawaringin Barat yang biasa di sebut “wadai” begitu beragam dan unik, menjadi warisan budaya di bidang kuliner serta kebanggaan masyarakat Kotawaringin Barat.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar, Perempuan adat Juriat Kutawaringin dan pemuda adat serta didukung oleh Kelurahan Raja dan Kecamatan Arut Selatan mengelar Festival Menghampar Wadai 2023, Minggu (29/10/2023).

Festival Menghampar Wadai Upaya Lestarikan Kekayaan Kuliner di Kobar 4
Warga antusias dan berebut wadai yang disediakan panitia Festival Menghampar Wadai 2023, Minggu (29/10/2023)

Bertempat di Jalan Pra Kusumayuda Kompleks Bukit Kencana, Kelurahan Raja, warga terlihat begitu antusias menikmati sajian wadai khas kotawaringin yang disediakan panitia.

Plh. Sekda Kobar, Juni Gultom yang menyampaikan sambutan atas nama Pj. Bupati Kobar, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan Festival Menghampar Wadai ini dan berharap festival ini akan menjadi magnet pariwisata yang dapat menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke Kobar.

“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk terus hadir di kabupaten kita tercinta,” kata Juni Gultom.

Festival Menghampar Wadai Upaya Lestarikan Kekayaan Kuliner di Kobar 5

Juni Gultom juga mengungkapkan, bahwa Festival Menghampar Wadai ini adalah bagian dari upaya untuk menjaga kelestarian kekayaan kuliner di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Kita tahu, bahwa Kobar kaya akan tradisi, termasuk dibidang kuliner dan hal ini menjadi kewajiban kita untuk tetap melestarikannya,” pesan Juni Gultom.

Kemeriahan festival ini diharapkan akan terus meningkat dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan pariwisata dan pelestarian budaya di Kobar.

Pada gelaran Festival Mehampar Wadai yang telah memasuki tahun ke-5 kali ini menghadirkan 58 jenis wadai yang sudah jarang ditemui, diantara Wadai Putu, Mayang, Jorong, Putu Mengala, Putu Basah, Pais Mengala, Rangai, Pare, Bubur Jawau Rengas, Lomang Srikaya Labu, Joring dan masih banyak jenis wadai lainnya. (AR/YPN).

BACA JUGA :  Kobarkan Semangat Santri, Ponpes Tahfidzul Qur'an Darul Al Hikmah dan SMP Islam Ma'arif Nu Gelar Upacara Hari Santri dengan Khidmat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.