PARIPURNA KE-11 DPRD KOBAR, PENUTUPAN MASA SIDANG III TAHUN SIDANG 2021

oleh -
PARIPURNA KE-11 DPRD KOBAR, PENUTUPAN MASA SIDANG III TAHUN SIDANG 2021 1
Wakil Ketua 1 DPRD Kobar Mulyadin,SH.

Pangkalan Bun (Dayak News) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Rapat Paripurna Ke-11 dalam rangka Penutupan Masa Sidang III Tahun Sidang 2021 Rabu (23/12/2021).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Bambang Siherman SP Wakil Ketua 2 DPRD Kotawaringin Barat.

Ketua DPRD Kobar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kobar Mulyadin ,SH mengatakan, pada masa Sidang III Tahun Sidang 2021 Ini, sebagian besar agenda telah dilaksanakan dengan mengacu jadwal kegiatan DPRD, yang telah dilaksanakan dari akhir bulan agustus hingga desember 2021.

Sesuai hasil rapat Badan Musyawarah DPRD bersama pemerintah daerah yang telah mengalami penyesuaian sebanyak 2 (dua) kali perubahan jadwal, dalam rangka mengakomodir seluruh pelaksanaan tugas, fungsi, hak dan kewajiban DPRD bersama pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Meskipun pada masa sidang III tahun sidang 2021 ini, kondisi permasalahan daerah kita masih dihadapkan pada situasi penyesuaian terhadap perkembangan pandemi covid-19, namun alhamdulillah memperhatikan angka kecenderungan yang terus mengalami penurunan, sehingga tidak begitu berdampak terlalu besar bagi pelaksanaan kinerja kelembagaan”, katanya.

Mengacu Pada Ketentuan Pada Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, Dan Jadwal Yang Telah Dilaksanakan Pada Masa Sidang Iii Tahun Sidang 2021 Ini, Maka Dapat Kami Sampaikan Rangkuman Kegiatan Dprd Sesuai Tugas Dan Fungsinya Selama Masa Sidang Tersebut, Kami Awali Dengan Penyampaian Terkait Pelaksanaan Tugas Sesuai Fungsi Dprd, Sebagai Berikut :

Ketua DPRD Kobar menambahkan bahwa fungsi legislasi merupakan fungsi DPRD dalam pembentukan peraturan daerah, dimana DPRD bersama Pemerintah Daerah, telah menyelesaikan pembahasan sebanyak 7 (tujuh) rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah Kabupaten Kotawaringin barat yaitu sebagai berikut :

  1. Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.
  2. Peraturan Daerah Tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah.
  3. Peraturan Daerah Tentang Penegakan Protokol Kesehatan Dan Penanganan Covid-19.
  4. Peraturan Daerah Tentang Bangunan Gedung.
  5. Peraturan Daerah Tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.
  6. Peraturan Daerah Tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Kotawaringin Barat Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  7. Peraturan Daerah Tentang Apbd Tahun Anggaran 2022;

Ditambahkannya fungsi anggaran merupakan fungsi DPRD dalam pembahasan APBD bersama Pemerintah Daerah, dimana pada masa sidang III tahun sidang 2021 telah dilaksanakan kegiatan sebagai berikut, yaitu ;

  1. Pembahasan Ranperda Kabupaten Kotawaringin Barat Tentang Perubahan Apbd Tahun Anggaran 2021;
  2. Pembahasan Ranperda Kabupaten Kotawaringin Barat Tentang Apbd Tahun Anggaran 2022.

Sementara itu fungsi pengawasan merupakan fungsi DPRD dalam pengawasan terhadap kebijakan pemerintah daerah, yang terwujud dalam bentuk pelaksanaan reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dan rapat kerja DPRD dan komisi-komisi DPRD, serta pelaksanaan monitoring sesuai tugas dan fungsi komisi-komisi DPRD, dimana pada masa sidang III tahun sidang 2021 telah dilaksanakan kegiatan sebagai berikut, yaitu ;

  1. Reses Anggota DPRD Sesuai Daerah Pemilihan Masing-Masing;
  2. Monitoring Sesuai Tugas Dan Fungsi Komisi-Komisi DPRD;
  3. Rapat Kerja Komisi A, Komisi B Dan Komisi C DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat Bersama Mitra Kerja/SKPD Terkait Sesuai Tugas Dan Fungsi Komisi DPRD;
  4. Rapat Kerja Internal DPRD Dalam Rangka Penyusunan Finalisasi Desk Hasil Reses DPRD;
  5. Rapat Kerja Komisi A, Komisi B Dan Komisi C DPRD Membahas Ranperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2022 Serta Ranperda Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Rapat Kerja Gabungan Komisi-Komisi DPRD Membahas Ranperda Tentang Perubahan Apbd Tahun Anggaran 2021;
  7. Rapat Kerja Gabungan Komisi-Komisi Dprd Membahas Ranperda Tentang Apbd Tahun Anggaran 2022 Dan Ranperda Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan;

Selain itu, juga telah dilaksanakan pelaksanaan tugas pokok sesuai alat kelengkapan DPRD, yaitu sebagai berikut :

Badan Anggaran DPRD antara lain Rapat Kerja Bersama Pemerintah Daerah Membahas Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Gubernur Kalimantan Tengah Terhadap Ranperda Kabupaten Kotawaringin Barat Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 dan Rapat Kerja Bersama Pemerintah Daerah Membahas Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Gubernur Kalimantan Tengah Terhadap Ranperda Kabupaten Kotawaringin Barat Tentang APBD Tahun Anggaran 2022.

Badan Musyawarah DPRD mengadakan Rapat Kerja Bersama Pemerintah Daerah Membahas Penyusunan Jadwal Kegiatan DPRD Pada Masa Sidang Iii Tahun Sidang 2021 dan Rapat Kerja Bersama Pemerintah Daerah Membahas Perubahan Jadwal  Kegiatan DPRD Pada Masa Sidang Iii Tahun Sidang 2021.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD mengadakan Rapat Kerja Forum Group Discusion Penyusunan Draf Awal Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Badan Usaha Kepelabuhan Dan Ranperda Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional dan Rapat Kerja Forum Group Discusion Pembentukan Naskah Akademik Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Badan Usaha Kepelabuhan Dan Ranperda Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Disamping Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi DPRD tersebut diatas, DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah melaksanakan kunjungan kerja ke daerah yang dianggap memiliki potensi sesuai tugas dan fungsi komisi-komisi DPRD dalam rangka meningkatkan wawasan kebijakan Pembangunan Daerah.

Terkait Kegiatan Bimtek DPRD dalam rangka peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia Anggota DPRD yang sudah dijadwalkan pada Masa Sidang III Tahun Sidang 2021, ditunda pelaksanaanya hingga tahun yang akan datang.

Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat menambahkan bahwa tetap berkomitmen untuk senantiasa menyelesaikan semua agenda yang telah ditetapkan. “Untuk itu, selaku pimpinan DPRD kami mengucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan Anggota DPRD, atas peran serta aktifnya dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan jadwal persidangan DPRD pada masa sidang iII ini, serta khususnya kepada Pemerintah Daerah, yang telah senantiasa berperan aktif melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah bersama DPRD sesuai jadwal kegiatan persidangan DPRD Pada Masa Sidang III Tahun Sidang 2021, “Jelas Ketua DPRD

Mengakhiri sambutannya Ketua DPRD mengucapkan “Selamat Natal Dan Tahun Baru 2022”.

“Sebuah Pengharapan Yang Besar Untuk Bangkit dan Berkembang di Tahun yang akan datang, Semoga, Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), Senantiasa Memberikan Kita Kekuatan. Amin Ya Robbal Alamin”, Pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.