PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT JADI PRIORITAS AGENDA KERJA DPRD TAHUN 2022

oleh -
PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT JADI PRIORITAS AGENDA KERJA DPRD TAHUN 2022 1
Ketua DPRD Kobar M Rusdi Gozali SP

Pangkalan Bun (Dayak News) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah menyusun agenda kerja sepanjang tahun 2022 ini. Pembahasan peraturan daerah (Perda) menyangkut pelayanan dan pemberdayaan masyarakat Bumi Marunting Batu Aji tetap menjadi prioritas.

Ketua DPRD Kobar M Rusdi Gozali SP, dalam pidatonya pada rapat paripurna ke-1 masa sidang I tahun sidang 2022 di Pangkalan Bun, Senin (3/1/2022), memaparkan, tugas konstitusi jajarannya melalui fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk tahun 2022 resmi dimulai sejak hari ini.

“Atas nama pimpinan, kami menyampaikan ucapan selamat bekerja dan bergotong royong dalam mengabdikan diri bagi kepentingan rakyat Kabupaten Kobar,” sebut Rusdi kepada seluruh jajan Anggota DPRD Kobar.

Di hadapan Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, staf ahli, asisten, para Kepala Dinas/Badan/Instansi/Unit Satuan Kerja di lingkungan Pemkab Kobar, Rusdi menyebut, pada 27 Desember 2021 lalu Badan Musyawarah (Bamus) DPRD bersama pemerintah daerah telah merumuskan dan menyusun jadwal kegiatan DPRD sebagai pedoman kegiatan bersama yang telah tertuang dalam kegiatan DPRD pada masa sidang I tahun sidang 2022.

“Di samping sebagai implementasi dari rencana kerja DPRD yang telah disusun pada tahun sebelumnya, penyusunan tersebut juga dirumuskan dari hasil evaluasi kebijakan pemerintah daerah dan aspirasi masyarakat yang berkembang,” terang Ketua DPRD.

Dia melanjutkan, aspirasi masyarakat Kobar saat ini terutama menyangkut pelayanan dan pemberdayaaan masyarakat, kepentingan publik, penyesuaian kebutuhan pembangunan daerah yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat luas di semua sektor bidang kehidupan, baik sektor ekonomi, kesehatan, politik, dan sosial, maupun dalam rangka penyelarasan kebijakan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Sebagai gambaran umum, jadwal kegiatan DPRD Kobar pada masa sidang I tahun 2022 tersebut terdiri dari delapan agenda. Pertama, pembentukan 9 Rancangan Perda (Ranperda) dari total target 22 program pembentukan Perda, baik yang berasal dari usulanpemerintah daerah maupun inisiatif DRPD.

Kedua, pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2021. Ketiga, perubahan struktur dan komposisi alat kelengkapan DPRD sesuai Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD.

Keempat, rapat kerja internal alat kelengkapan DPRD bersama fraksi-fraksi DPRD dalam rangka implementasi rencana kerja dan anggaran DPRD tahun 2022 pada masa sidang I tahun sidang 2022.

Kelima, rapat kerja bersama pemerintah daerah dan monitoring alat kelengkapan DPRD dalam rangka pendalaman dan penyesuaian materi rencana kerja SKPD berdasar kondisi lapangan serta aspirasi masyarakat.

Keenam, konsultasi DPRD ke sejumlah instansi pemerintah provinsi, instansi vertical, dan pemerintah pusat terkait implementasi kebidajan di daerah.

Ketujuh, bimbingan teknis dan kunjungan kerja DPRD keluar daerah dalam rangka peningkatan kapasitasdan wawasan anggota DPRD dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kedelapan, kunjungan kerja dalam daerah ke kecamatan dan desa/kelurahan dalam rangka menggali aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

Ditambahkan Ketua DPRD, kegiatan tersebut sangat berkaitan erat dengan pelaksanaan tugas dan fungsi anggota DPRD dalam mengemban amanah dan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

“Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada Februari dan Maret 2022,” sebutnya.

Selaku pimpinan, Rusdi berharap agar seluruh perangkat DPRD dapat berperan aktif mengikuti kegiatan dimaksud dalam rangka menggiring aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.