PETUGAS PUSKESMAS PALINGKAU AKTIF PANTAU PROSES ISOMAN WARGA

oleh -25 views
PETUGAS PUSKESMAS PALINGKAU AKTIF PANTAU PROSES ISOMAN WARGA 1

Pangkalan Bun (Dayak News) – Tenaga medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Palingkau, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat secara aktif melakukan pemantauan proses isolasi mandiri (isoman) warga setempat yang terpapar Covid-19.

Tujuan pemantauan itu agar penyintas Covid-19 dapat menjalankan proses isoman secara benar sehingga bisa terbebas dari virus itu dan tidak menyebarkannya ke warga lain.

Kepala Pukesmas Palingkau dr Lilik S Umroh kepada Dayak News di ruang kerjanya, Kamis (15/7/2021), mengakatan, sejauh ini kesadaran masyarakat setempat untuk waspada terhadap penyebaran Covid-19 sudah semakin meningkat.  

“Banyak dari mereka (warga) yang memeriksakan diri. Beberapa yang terindikasi terpapar Covid-19 kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah. Kami setiap waktu melakukan pemantauan terhadap kondisi mereka lewat telepon,” terang dr Lilik.

Dia melanjutkan, dengan melakukan pemantauan secara tidak langsung itu, pihaknya dapat mengarahkan para penyintas Covid-19 untuk menjalani proses isoman secara benar. Dengan begitu, proses penyembuhan warga tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Adapun kendala yang dihadapi masyarakat yang menjalani isoman ini, lanjut dr Lilik, terutama menyangkut kebutuhan hidup mereka selama proses berlangsung.

“Kendala itu sudah kita koordinasikan dengan Lurah. Dulu memang ada bantuan sosial (bansos) dari Dinas Sosial itu. Informasi beliau baru sekarang lagi diadakan,” paparnya.

Lilik berharap, aparatur lintas sektoral dapat membantu solusi permasalahan kebutuhan hidup warga yang menjalani isoman ini. Sebab, bantuan tersebut sangat berpengaruh terhadap ketaatan mereka untuk menghindari mobilitas selama isoman berlangsung. (AR/Sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.