Rapat Komite Sebagai Wadah Silaturahmi Bersama Orang Tua dan Wali Murid Kelas VII, VIII, dan IX Tahun Ajaran 2023-2024 di SMPN 6 Arsel

oleh -
oleh
Rapat Komite Sebagai Wadah Silaturahmi Bersama Orang Tua dan Wali Murid Kelas VII, VIII, dan IX Tahun Ajaran 2023-2024 di SMPN 6 Arsel 3

Pangkalan Bun (Dayak News) – Dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan, pihak sekolah SMP Negeri 6 Arut Selatan yang di wakilkan oleh pengurus komite sekolah mengundang orang tua dan wali murid kelas VII, VIII,dan IX Tahun ajaran 2023-2024 untuk hadir dalam rapat yang membahas tentang persoalan penyelenggaraan pendidikan yang ada di SMP Negeri 6 Arut Selatan.

Dalam rapat tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Komite Sekolah Fitri Boga Artanti, Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Arut Selatan Respelei Anggar Frester,S.Pd., perwakilan Dewan Guru dan Pembina OSIS, Pramuka, serta Ekstrakulikuler Agung Sulistyo Ramdani,S.Pd., dan Haliniatin,S.Pd. serta dihadiri oleh kurang lebih 300 Orang tua dan wali murid kelas VII, VIII, dan IX Tahun ajaran 2023-2024. Pertemuan rapat komite tersebut dilaksanakan di dalam ruang kelas IX A, IX B serta disekitar lapangan upacara SMP Negeri 6 Arut Selatan yang beralamat di Jalan Ahmad Yani, KM.06, Plingkau, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, pada hari Sabtu (04/11/2023) pukul: 07.30 – 10.30 WIB.

Rapat Komite Sebagai Wadah Silaturahmi Bersama Orang Tua dan Wali Murid Kelas VII, VIII, dan IX Tahun Ajaran 2023-2024 di SMPN 6 Arsel 4

Pertemuan berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan, dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan doa kemudian sambutan dari Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Arut Selatan Respelei Anggar Frester,S.Pd yang kemudian diserahkan kepada Pimpinan Rapat yaitu Ketua Komite Sekolah Fitri Boga Artanti.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Arut Selatan menyampaikan ” Kondisi SMP Negeri 6 Arut Selatan saat ini terus mengalami peningkatan kualitas,itu dapat dilihat dari semakin banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh siswa – siswi kita. Selain itu, ada beberapa persoalan sekolah yang harus ditangani bersama antara komite sekolah dan orang tua diantaranya terkait pembiayaan kegiatan kesiswaan serta program atau kegiatan lain dalam peningkatan mutu sekolah termasuk sarana dan prasarana pendukung di sekolah ” ungkap Anggar.

BACA JUGA :  WISATA PEMANDIAN AIR MERAH TEPIAN BAK YANG EKSOTIK

Penjelasan yang lebih terperinci disampaikan oleh pimpinan rapat yaitu Ketua Komite Sekolah Fitri Boga Artanti,dalam sambutan dan paparannya menyampaikan ” Komite Sekolah mengundang orang tua dan wali murid SMP Negeri 6 Arut Selatan untuk berdiskusi dan bermusyawarah menghasilkan kata sepakat terkait Sumbangan Partisipasi Masyarakat guna meningkatkan mutu pendidikan skala prioritas utama,dalam bidang sarana dan prasarana serta kegiatan dalam minat dan bakat kesiswaan yang tidak terjangkau oleh anggaran dana Bos ataupun bantuan dari pemerintah sehingga diperlukan kerja sama dari komite dan orang tua murid ” jelas Fitri.

Dalam kesempatan rapat komite tersebut, Ketua Komite Sekolah juga menyampaikan rencana program kegiatan tahun 2023 – 2024 salah satunya pembangunan pos satpam dan perbaikan lapangan upacara, peningkatan dan pembinaan siswa berprestasi, serta pembiayaan program atau kegiatan lain terkait peningkatan mutu sekolah.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab untuk menentukan besaran sumbangan yang akan disepakati bersama antara pihak orang tua dan komite sekolah. Dalam rapat komite ini akhirnya disepakati bahwa besaran sumbangan untuk komite sekolah Tahun ajaran 2023-2024, sebesar Rp 30.000,- Per Bulan.

Nantinya program -program tersebut bersumber dari sumbangan hasil kesepakatan pertemuan pihak sekolah, komite sekolah, dan orang tua murid. Selanjutnya diakhiri tahun pelajaran, komite bersama pihak sekolah akan menyampaikan penggunaan anggaran dana dari sumbangan orang tua murid dalam bentuk laporan pertanggung jawaban kepada orang tua siswa.

Seperti yang kita ketahui, Komite Sekolah merupakan lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua atau wali murid peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan sebagaimana diatur dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. (SBN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.