Tradisi Ziarah Kubur di Hari Raya Idul Fitri

oleh -
oleh
Tradisi Ziarah Kubur di Hari Raya Idul Fitri 5

Pangkalan Bun (Dayak News) – Momen Lebaran selayaknya diisi dengan silaturahmi bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Tradisi berkumpul dan saling bermaafan ini biasanya dilengkapi dengan ziarah kubur atau nyekar, salah satunya yakni, Tempat Pemakaman Kerabat Kesultanan Kutaringin (Gubah) di Kelurahan Raja Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kotawaringin Barat (Kobar).Jumat 12 April 2024.

Pantauan dayaknews.com para peziarah yang datang ke pemakaman membawa surat Yasin untuk mendoakan dan menaburkan bunga di pusara mendiang orang terkasih.

Tradisi Ziarah Kubur di Hari Raya Idul Fitri 6

Ziarah makam atau nyekar ke makam keluarga dan kerabat menjadi tradisi pada hari kedua lebaran, khususnya kerabat kesultanan kutaringin yang selalu melaksanakan tradisi ziarah di Komplek Pemakaman Kesultanan Kutaringin.

Salah satu peziarah Ratu Nor Sartika (31) mengaku rutin berziarah ke kerabat dekat. Bukan hanya di momen lebaran saja, pada hari kamis atau jumat dihari biasapun ia sesekali kerap menyempatkan untuk ziarah.

Tradisi Ziarah Kubur di Hari Raya Idul Fitri 7

“Bukan di momen Hari Raya Idul Fitri saja,di hari biasa pun saya selalu menyempatkan untuk ziarah ke makam kake,nenek dan saudara saya,” ujar Tika.

Senada dengan Tika, Utin Mimi (48) warga lainnya juga rutin berziarah, setiap menjelang ramadan dan di hari kedua lebaran.

“Ya pokoknya kalo Idul Fitri ini kita pasti melaksanakan ziarah, sama moment sebelum ramadan,” kata Utin Mimi.

Utin Mimi menuturkan almarhum ayahnya meninggal pada tahun 2001. Selain berziarah, ia juga sembari membersihkan makam ayah, ibunya dan adiknya serta kerabat lainya dari rumput rumput yang tumbuh.

“Disamping itu saya juga membersihkan makam kedua orang tua saya sambil ngecek makam keluarga lainya barang kali ada yang rusak nanti diberitahukan kepada kepada sanak saudaranya,” tuturnya.(GST).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.