Wisata Alam Tanjung Puting, Wisata Unggulan di Kobar Eksotisme Bersama Alam

oleh -
oleh
Wisata Alam Tanjung Puting, Wisata Unggulan di Kobar Eksotisme Bersama Alam 7

Oleh : Gusti Syahwani

Dayak News – Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan destinasi wisata unggulan di kalimantan tengah (Kalteng),terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dengan luas 415.040 Ha.

Sudah banyak Wisatawan yang berkunjung ke TNPT ini sejak dibuka seperti para peneliti, pecinta alam, yang ingin melihat secara langsung kehidupan orangutan.

Wisata Alam Tanjung Puting, Wisata Unggulan di Kobar Eksotisme Bersama Alam 8

Apa yang anda dapatkan saat berkunjung di sini antar lain, Wisata Susur sungai Sekonyer, Feeding atau memberi makan orangutan, Wisata malam hari dan ikut andil melestarikan hutan dengan menanam Pohon

Saat wisata kesini salah satu yang terdapat dipaket adalah paket Susur Sungai sekonyer, karena selama di tanjung puting akses satu-satunya hanya menggunakan Perahu Klotok.

Wisata Alam Tanjung Puting, Wisata Unggulan di Kobar Eksotisme Bersama Alam 9

Perahu/kapal kelotok disini sudah didesain untuk perjalanan di tanjung puting, dilengkapi dapur, kamar mandi, ruang santai, atap untuk eksplorasi, koki juga ada sehingga anda tidak perlu repot membawa bekal.

Anda bisa melihat banyak hal, mulai dari kehidupan satwa yang berada dipinggir sungai, monyet ekor panjang, bekantan bahkan jika beruntung bisa melihat orangutan yang asik bertengger dipohon sembari makan buah.

Wisata Alam Tanjung Puting, Wisata Unggulan di Kobar Eksotisme Bersama Alam 10

Dan selama  susur sungai di larang untuk berenang karena didalam airnya masih banyak buaya, sehingga tidak dianjurkan bagi anda mandi di sungai.

Ragam flora fauna yang bisa dijumpai disini, tidak ada ruang untuk anda merasa bosan karena hiruk pikuk perkotaan seakan lenyap ditelan keheningan hutan, hanya suara perahu saja yang menjadi teman diperjalanan ini.

Ada beberapa spot untuk feeding atau memberi makan orangutan seperti: Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Leaky dan Pondok Ambung.

di Tanjung Harapan terdapat sebuah desa yang mana penduduknya berprofesi sebagai nelayan di sepanjang sungai Sekonyer perjalanan ditempuh selama 2 jam dan tepat jam 3 sore hari adalah waktunya feeding orangutan disini.

BACA JUGA :  IDUL ADHA, POLRES KOBAR POTONG 6 SAPI DAN 7 KAMBING

Di Pondok tanggui feeding biasa dilakukan pada jam 9 pagi dan di Camp Leakey adalah pos terakhir pusat rehabilitasi orangutan, perjalanan sekitar 4 jam menggunakan perahu klotok dan 2 kilometer berjalan kaki kedalam hutan, aneka ragam pemandangan bisa dijumpai disini.

Selain berwisata kita juga di edukasi tentang menjaga alam, bagaimana setiap hubungan alam dengan manusia sangat terkait erat.

Pengalaman yang menarik saat mengunjungi tanjung puting menjadi tak terlupakan,inilah bukti kekayaan indonesia yang patut dibangakan. (Penulis : Wartawan Dayak News.com di Kotawaringin Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.