BEGINI BENTUK PERHATIAN KELUARGA ASUH KEPADA SATGAS TMMD

oleh -7 views
BEGINI BENTUK PERHATIAN KELUARGA ASUH KEPADA SATGAS TMMD 1
Pratu Erwanto dan Pratu Deky berfoto bersama keluarga asuh mereka saat berpamitan karena kegiatan TMMD Reguler ke-109 telah selesai.

SAMPIT, 26/10/2020 (DAYAK NEWS). Kemanunggalan TNI sangat terlihat dalam pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

Masyarakat dengan senang hati membantu prajurit TNI dari Kodim 1015/Spt dalam melaksanakan kegiatan TMMD. Mereka membaur dan bergotong-royong dalam memperbaiki jembatan maupun kegiatan lainnya.

Pembawaan para prajurit TNI yang sangat bersahaja, membuat mereka diterima dengan sangat baik oleh masyarakat. Berbagai cara ditunjukkan warga yang menjadi keluarga asuh yang menampung mereka selama satu bulan kegiatan TMMD.

Seperti yang dilakukan keluarga Jannah. Selain memperlakukan Pratu Erwanto dan Pratu Deky seperti anggota keluarga sendiri, mereka juga melepas keduanya dengan baik keduanya saat berpamitan, bahkan mereka memberikan oleh-oleh sebagai bekal.

“Ini tidak seberapa. Tapi inilah salah satu bentuk bangga kami kepada mereka. Kami sangat senang dan bangga mereka tinggal di rumah kami meski hanya selama pelaksanaan TMMD. Kami mendoakan mereka selalu sukses,” kata Janah sambil memberikan oleh-oleh berupa kerupuk khas setempat saat melepas kepergian Erwanto dan Deky.

Selama satu bulan bersama, hubungan emosional dan kekeluargaan antara prajurit TNI dengan masyarakat setempat memang terjalin dengan sangat baik. Saat kegiatan resmi maupun di sela waktu santai, prajurit TNI dan warga berbaur melaksanakan berbagai kegiatan bersama.

“Kami sangat berterima kasih karena telah diterima dengan sangat baik oleh keluarga ini. Kami memohon maaf jika selama kami di sini, ada kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan,” ujar Erwanto dan Deky.

TMMD Reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir, Babirah dan Bapinang Hulu pada 22 September hingga 21 Oktober 2020. Sebanyak 150 personel dilibatkan terdiri dari anggota TNI, Polri dan masyarakat.

Sasaran fisik yang dikerjakan terdiri dari perbaikan tiga jembatan dan satu mushalla serta pembangunan pos terpadu. Selain itu ada juga sasaran nonfisik yang telah ditetapkan untuk dicapai.

Selama satu bulan pelaksanaan TMMD, prajurit menginap di rumah-rumah warga yang menjadi keluarga asuh mereka. Pribadi TNI yang merakyat, membuat mereka sudah terbiasa dan tidak sungkan membantu pekerjaan warga di sela istirahat mereka melaksanakan sasaran fisik dan nonfisik TMMD. (PR/SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *