KOPI PANAS YANG SEJUKAN SUASANA TMMD KE-109

oleh -
KOPI PANAS YANG SEJUKAN SUASANA TMMD KE-109 1

SAMPIT, 14/10/2020 (Dayak News). Siang itu udara panas terasa sangat menyengat di kulit. Peluh mengalir deras di kepala dan tubuh belasan pria berambut cepak yang sejak pagi sudah sibuk menyelesaikan rehab jembatan di Desa  Bapinang Hilir, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Belasan pria berbadan tegap dan berambut cepak tersebut merupakan anggota TNI dari Kodim 1015 Sampit yang sedang mengerjakan rehab jembatan Handil Gayam di Desa Bapinang Hilir Kecamatan Pulau Hanaut. Jembatan tersebut merupakan satu dari tiga jembatan yang merupakan sasaran fisik kegiatan TMMD Reguler ke-109.

Cuaca di Kecamatan Pulau Hanaut memang sering tidak bersahabat. Mungkin karena lokasinya yang dekat dengan pantai. Kecamatan ini berbatasan dengan Laut Jawa. Sehingga udaranya terasa lebih panas. Namun jika hujan turun, angin di daerah ini bertiup sangat kencang.

Melakukan rehab jembatan, apalagi di daerah terisolir seperti di Kecamatan Pulau Hanaut tidak mudah. Banyak tantangan dan hambatan. Apalagi waktunya hanya satu bulan dan jembatan yang direhab bukan hanya satu, tetapi tiga jembatan. Berat dan sulit, itulah tantangan anggota Satgas TMMD Reguler ke-109.

Masyraakat Kecamatan Pulau Hanaut tahu betul bahwa tugas Satgas TMMD tidak mudah. Sebab itulah mereka juga dengan seluruh kemampuan, memberikan dukungan agar anggota Satgas TMMD bisa menyelesaikan tugas mereka dengan baik dan sukses.

Ada yang membantu dengan menyumbangkan tenaga, dengan ikut bergabung bahu membahu menyelesaikan rehab jembatan. Namun bagi warga  yang tidak bisa menyumbangkan tenaga, mereka memilih membantu dengan cara lain, seperti membuatkan kopi panas bagi anggota Satgas TMMD.

Ya, kopi panas di tengah udara panas. Bagi kita yang tidak berada di sana mungkin itu agak aneh. Namun bagi warga setempat itu adalah wujud dukungan terhadap anggota Satgas TMMD agar tetap semangat. Kopi yang mereka tanam di tanah sendiri, dipanen sendi, diolah dan diseduh sendiri untuk disajikan kepada para prajurit sejati yang sudah mewujudkan mimpi indah mereka.

Kopi panas yang juga sangat berharga bagi Satgas TMMD. Kopi yang mencairkan suasana dan memperkuat tali silaturahmi antara TNI dan warga.

Kecamatan Pulau Hanaut memang daerah penghasil kopi di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kopi produksi warga Pulau Hanaut biasa disebut dengan Kopi Bapinang, dan sudah cukup dikenal di Kota Sampit, ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur. (Pr/AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.