UMAT ISLAM DI KOTIM DIHIMBAU UNTUK MENIADAKAN SHOLAT JUMAT

oleh -
oleh
UMAT ISLAM DI KOTIM DIHIMBAU UNTUK MENIADAKAN SHOLAT JUMAT 1

Sampit, 2/4/2020 – Dayak News. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menghimbau kepada seluruh umat Islam yang berada diwilayah setempat untuk meniadakan pelaksanaan Sholat Jum’at berjemaah di Masjid, mengingat tingkat kerawanan penularan Virus Covid – 19 yang saat ini dinilai mengalami peningkatan.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotim, H. Halikinnor, SH.MH, yang didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Kotim, dr. Faisal Novendra Cahyanto, Kadis Kominfo Kabupaten Kotim, Multazam, beserta kepala pelaksana BPBD Kabupaten Kotim, Muhammad Yusuf, pada saat press reales di posko Gugus tugas Covid – 19 Kabupaten Kotim, Kamis (2/4/20).

“Kami (Pemkab Kotim) menghimbau bagi umat Islam yang berada diwilayah setempat untuk tidak melaksanakan Sholat Jum”at berjemaah di Masjid, mengingat status Kabupaten Kotim pada saat ini berada di zona kuning. Artinya tingkat kewaspadaan kita terhadap penyebaran Virus Covid – 19 ini harus lebih kita ditingkatkan lagi,” kata Halikinnor, di Sampit.

Halikinnor yang dijuluki pria seribu jalan keluar tersebut juga menambahkan bahwa, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementrian Agama setempat terkait dengan himbauan untuk meniadakan pelaksanaan Sholat Jum’at berjemaah di Masjid.

“Kami berharap, agar seluruh pengurus masjid yang ada di Kabupaten Kotim ini agar dapat memahaminya,” bebernya.

Selain itu juga, untuk pencegahan dalam penularan Virus Covid -19 ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) baik itu MUI Pusat maupun Provinsi Kalteng sudah mengeluarkan maklumat tentang anjuran untuk mengganti Sholat Jum’at dengan Sholat Dzuhur dirumahnya masing-masing ketika pada saat situasi dan kondisi darurat wabah penyebaran Virus Covid – 19 tersebut.

“Kemudian maklumat Kapolri yangmana melarang orang untuk berkerumun. Dan ini semua dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penularan Virus Covid – 19, jadi kurangi kegiatan yang tidak penting diluar rumah, perbanyak istirahat dirumah saja, serta konsumsi Vitamin C dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh kita,” demikian Halikinnor. (FUAD/BBU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.