UPACARA POTONG PANTAN SUPAYA TAMU DAPAT PERLINDUNGAN TUHAN

oleh -
oleh
UPACARA POTONG PANTAN SUPAYA TAMU DAPAT PERLINDUNGAN TUHAN 1

Sampit, 30/9/2020 (Dayak News).  Dansatgas TMMD ke109 Kodim 1015/Sampit Letkol Czi Akhmad Safari mengatakan upacara potong pantan diselenggarakan dengan harapan supaya para tamu yang memotong pantan akan selalu mendapat perlindungan dari Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta atau Yang Maha Kuasa.

Kunjungan Asisten Latihan (Aslat) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Mayjen TNI Harianto beserta rombongan, dalam rangka untuk meninjau langsung pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa Reguler Ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (30/09/2020) disambut dengan upacara “potong pantan, tampung tawar, lawang skepeng, dan tari Dayak pesisir.” Rabu, (30/09/2020)

Potong pantan merupakan salah satu tradisi upacara adat penyambutan tamu yang dilaksanakan oleh suku Dayak Ngaju di Provinsi Kalimantan Tengah

Upacara ini telah dilakukan sejak zaman nenek moyang mereka dan diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Dalam upacara ini, seluruh tamu yang datang akan diminta untuk memotong batang bambu hijau yang dipasang melintang di pintu masuk dengan menggunakan sebilah pedang mandau. Semboyan “Tamu adalah Raja” masih berlaku bagi masyarakat di tempat ini.

“Para tamu tersebut kita berharap akan dianugerahi kesehatan, umur panjang, rezeki yang berlimpah dan kesuksesan dalam melaksanakan tugasnya.” Kata Letkol Czi Akhmad Safari. (PR/Den)

BACA JUGA :  JEMBATAN HANDIL GAYAM SIAP DILALUI MASYARAKAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.