KUALITAS RENDAH HARGA KARET TURUN

oleh -46 views

Kualitas Rendah Harga Karet Turun.

Pulang Pisau, 13/9/19 (Dayak News).

Harga karet anjlok di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalantan Tengah (Kalteng). Salah satu penyebab ini karena pengaruh rendahnya kualitas mutu karet itu.

Hal tersebut dikatakan Bupati Pulpis Edy Pratowo melalui Wakil Bupati Pudjirustaty Narang saat MoU dengan pihak ketiga yakni PT. Kahayan Berseri yang bergerak di industri karet di Pulpis, Kamis (12/9/19).

“Salah satu permasalahan yang dihadapi petani karet adalah anjloknya harga karet di tingkat petani dalam beberapa tahun terakhir ini. Masalah itu tidak hanya disebabkan oleh pengaruh pasar ekonomi global tetapi juga disebabkan oleh rendahnya mutu dan kualitas karet kita, bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand,” katanya.

Selain itu, belum terlaksananya tata niaga karet yang memihak kepada para petani karet menjadi persoalan.

Pemerintah memang telah membuat kebijakan regulasi untuk memperbaiki sistem tata niaga karet dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 54 Tahun 2016 tentang Pengawasan Mutu Bahan Olah Karet Spesifikasi Teknis Yang Diperdagangkan.

“Regulasi tersebut memberikan kesempatan kepada petani karet melalui lambaga Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar atau UPPB untuk dapat ambil bagian dalam tata niaga karet,” ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengolahan Dan Pemasaran Bokar atau Bahan Olah Karat bahwa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar yang selanjutnya disebut UPPB adalah satuan usaha atau unit usaha yang dibentuk oleh satu atau Iebih kelompok pekebun sebagai tempat penyelenggaraan bimbingan teknis pekebun pengolahan, penyimpanan sementara dan pemasaran Bokar.

Diharapkan dengan adanya kerja sama dengan pihak ketiga harapnya dapat disepakati bersama harga Bokar yang relevan. ” Pada kesempatan ini diawali oleh PT. Kahayan Berseri, selanjutnya diharapkan juga dapat disepakati bersama harga Bokar yang relevan dalam bentuk perjanjian kerjasama antara para pihak yang nantinya melakukan perjanjian jual beli Bokar,” harapnya. (Dayak News/PR/Don/Den/BBU).

BACA JUGA :  BUPATI APRESIASI PEMBANGUNAN GEDUNG SPKT POLRES PULPIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *