GUBERNUR SUGIANTO SABRAN PANTAU BLT BAGI TERDAMPAK COVID-19

oleh -12 views

PALANGKA RAYA, 30/6/2020 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran terus memantau penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pemantauan dilakukan melalui Video Conference (Vicon) di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (30/6/2020).

Kali ini obyek pemantauan BLT untuk Kabupatejln Lamandau dengan nilai sekitar Rp 2.6 lebih untuk 5.257 Kepala Keluarga (KK). Masing-masing KK mendapatkan BLT sebesar Rp 500 ribu, yang disalurkan melalui PT Bank Pembangunan Daerah Kalteng.

“Jadi di Kabupaten Lamandau ini ada bantuan (sosial), yaitu Bantuan Langsung Tunai dari Pemerintah Provinsi, termasuk 13 kabupaten/dan 1 kota se-Kalteng. Di Lamandau, Pemerintah Provinsi menyerahkan bantuan kepada 5.257 KK, dengan jumlah bantuan yaitu Rp 2,6 miliar lebih dan sudah terealisasi sekitar 25%,” ungkap Gubernur Sugianto Sabran dalam keterangan persnya.

Penyaluran BLT yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi ini merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Kalteng dalam penanganan dampak Covid-19.

Sebagaimana arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat tidak mampu yang saat ini makin mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19, sehingga dapat menumbuhkan daya beli bagi masyarakat tidak mampu, khususnya kebutuhan pokok.

Gubernur Sugianto menambahkan selain bantuan dari Pemprov, Kabupaten Lamandau juga mendapatkan bantuan dari Pusat, berupa Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 822 KK, Program Bantuan Sembako 2.538 KK, dan juga bantuan sosial langsung tunai, serta bantuan Dana Desa untuk 3.245 KK. Secara keseluruhan, dari total KK di Kabupaten Lamandau sebanyak 46.885 KK, jumlah KK yang mendapatkan bantuan sosial adalah sekitar 15.807 KK.

Gubernur Sugianto Sabran mengajak seluruh Bupati/ Wali Kota se-Kalteng untuk terus mengimbau seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Kesadaran dan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan akan menjadi kunci penting dalam menekan atau memutus penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  TERDUGA AA KASUS MONEY POLITIC BERALIH STATUS MENJADI TERSANGKA

“Mudah-mudahan angka Covid-19 terus turun. Tapi kemarin di Kota Palangka Raya meningkat, Kapuas, terus Barito Utara yang kita anggap selama ini sudah bisa ditekan, tahu-tahu ada yang terkena juga. Ini perlu jadi kehati-hatian pimpinan daerah masing-masing,” tegas Gubernur Sugianto.

“Selaku Gubernur dan Ketua Gugus Tugas Kalteng saya meminta kepada Bupati/Wali Kota untuk bekerja sungguh-sungguh, lebih agresif dan masif lagi untuk mengimbau masyarakatnya supaya disiplin dan melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Gubernur Sugianto Sabran.

Sementara itu, Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana mengungkapkan apresiasi kepada Pemprov Kalteng dan menyampaikan laporan terkait penyaluran BLT. “Penyerahan bantuan (BLT) hari ini untuk Kecamatan Bulik dan Belantikan Raya.

Sebelumnya 6 Kecamatan terlebih dahulu sudah kami serahkan. Hari ini penerima bantuan yaitu 537 KK, terdiri dari Bulik 475 KK Belantikan Raya 62 KK. Saat ini proses pencairan sedang berlangsung dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” beber Hendra Lesmana.

Pada kesempatan tersebut, beberapa perwakilan warga juga menyampaikan terima kasih atas bantuan BLT yang diberikan Pemprov Kalteng tersebut. “Terima kasih kepada Bapak Gubernur, kami menerima bantuan dari (Pemprov), warga kecil (kondisi) susah sekali. (BLT) ini untuk membantu membeli makanan, membeli beras,” kata salah seorang warga penerima bantuan yang berasal dari Kecamatan Bulik.(Pr/Hms/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *