SEJUMLAH OPD LAMANDAU IKUTI BIMTEK SAKIP DI MALANG

oleh -36 views
SEJUMLAH OPD LAMANDAU IKUTI BIMTEK SAKIP DI MALANG 1

Nanga Bulik – Dayak News. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kota Batu Malang Provinsi Jawa Timur.

“Oleh karena itu sejumlah OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mengikuti kegiatan Bimtek tersebut dalam Rencana Strategis (Rensta) OPD terkait dengan SAKIP,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol kantor Setda Lamandau, Dwi Oktavianus, di Nanga Bulik, Kamis (24/1/19).
Dijelaskannya, penyelenggaraan Bimtek SAKIP tersebut tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pejabat struktural mengenai kondisi Akuntabilitas perencanaan strategis, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, penetapan kinerja, evaluasi kinerja, analisis kinerja, serta pelaporan kinerja instansi pemerintah sebagai sarana dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
“Selain itu juga, Bimtek penyusunan renstra OPD ini adalah sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Pemkab Lamandau dengan Fakultas Ilmu Administrasi (FUI) Universitas Brawijaya Malang. Bimtek penyusunan rensta OPD SKIP tersebut berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 23 sampai dengan 25 Januari 2019,” jelasnya.
Sedangkan untuk acara pembukaannya sudah berlangsung pada Rabu (23/1/19) malam di Ball room Hotel Orchid Kota Batu Malang. Pembukaan tersebut dilaksanakan oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, bahkan dalam kesempatan tersebut bupati juga sebagai pembicara utama di FAI Universitas Brawijaya Malang.
Perwakilan OPD dari Pemkab Lamandau dibekali berbagai macam materi dari FIA Universitas Brawijaya, Bimtek tersebut juga melibatkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia yang memaparkan tentang SAKIP tersebut.
“Dengan adanya penyelenggaraan Bimtek SAKIP tersebut, diharapkan agar dapat meningkatkan kompetensi pejabat struktural dalam rangka penyusunan rencana strategis dan rencana kinerja di instansi pemerintah dalam rangka mewujudkan Good Governance,” pungkasnya. (Dayak News/Fuad/BBU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *