JELANG “TAHUN POLITIK”, FISIP UMPR BANTU SIAPKAN CALEG BERKUALITAS

oleh -
JELANG “TAHUN POLITIK”, FISIP UMPR BANTU SIAPKAN CALEG BERKUALITAS 1
Dekan FISIP UMPR Irwani MAP dan Koordinator Kegiatan Novianto Ekowibowo MAP.

Palangka Raya (Dayak News) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) bagi calon anggota legislatif (Caleg) se-Kalimantan Tengah (Kalteng), 16 Oktober 2022 ini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali Caleg sebelum berkompetisi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Dekan FISIP UMPR Irwani MAP kepada Dayak News, Senin (10/10/2022) pagi, menjelaskan, Diklat dan Pembekalan Bagi Caleg Pemilu 2024 itu akan dilaksanakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Palangka Raya.

“Latar belakang pelaksanaan Diklat ini dalam rangka menghadapi ‘tahun politik 2024’ di mana akan dilaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak yang diawali dengan Pileg,” ujarnya.

Irwani didampingi koordinator kegiatan Novianto Ekowibowo MAP, Ketua Program Studi Administrasi Negara Mita Sari MAP, dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi H Junaidi SH MI Kom melanjutkan, sebagai lembaga akademisi, FISIP UMPR merasa terpanggil ikut menyiapkan bakal calon legislator yang berkualitas untuk dipilih rakyat pada Pileg 2024 mendatang.

“Lewat Diklat ini, FISIP UMPR ingin berpartisipasi membekali para caleg agar mampu menyusun visi misi yang sesuai dengan kebutuhan rakyat dan tantangan pembangunan masa kini, serta paham akan hak dan kewajibannya apabila kelak terpilih sebagai wakil rakyat,” sebutnya.

Ditambahkan Irwani, hal lain yang tak kalah penting sebagai tujuan Diklat ini adalah membangun kemampuan pengawasan atau ombudsman di kalangan anggota legislatif dalam mengontrol kinerja jajaran eksekutif sebagai pelaksana pembangunan.

Di kesempatan yang sama, koordinator kegiatan Novianto Ekowibowo MAP mengatakan, Diklat Pembekalan Caleg ini nantinya akan menghadirkan pemateri antara lain, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr Ma’mun Murod al-Barbasy MSi, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Wawan Wiraatmaja MSi, dan praktisi sosial HM Wahyudi F Dirun.

“Peserta kita undang dari seluruh partai politik masing-masing mengirimkan dua Caleg. Kita proyeksikan jumlah seluruhnya lebih 100 orang,” sebut Novianto.

Ketua Program Studi Administrasi Negara (ADNA) FISIP UMPR itu melanjutkan, selain peserta dari partai politik, sejumlah perwakilan mahasiswa juga akan dilibatkan sebagai peserta.

“Mahasiswa kita libatkan karena tidak menutup kemungkinan kelak di antara mereka juga ada yang berkeinginan tampil di kancah politik sebagai Caleg. Selain itu, bekal pemahaman ini akan bermanfaat bagi mereka saat ini untuk menjalankan peran sebagai kontrol kinerja wakil rakyat,” ujar Novianto.

Ditambahkannya, seluruh peserta kegiatan ini tidak dikenakan biaya alias gratis. “Diklat 16 Oktober 2022 ini merupakan kegiatan gelombang pertama. Jika animo peserta tinggi, bisa saja pada gelombang kedua dan berikutnya kita buka untuk masyarakat luas, tidak lagi dibatasi dua per partai politik,” tandasnya. (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.