MANARI MANASAI MEMERIAHI PERAYAAN HUT DAD KALTENG

oleh -69 views

Palangka Raya, 16/8/19 (Dayak News).

Manari manasai tarian khas Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng) yang ditampilkan dalam acara masal disebuah momentum kegembiraan membuat meriah perayaan Hari Ulang Tahun ke 12 Dewan Adat Dayak ( DAD) Kalteng.

Manari manasai dilakukan setelah potong nasi tompeng dan potong kue ulang tahun HUT DAD dalam satu rangkaian HUT Ketua Umum DAD Kalteng H.Agustiar Sabran serta beberapa pengurus DAD Kalteng yang ulang tahunnya jatuh pada bulan Agustus, antara lain Andrie Elia Embang, H.Suariansyah, Danes Jayanegara, Barthel B Usin dan Toseng Asang.

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 Tahun 2019 dimanfaatkan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng menggelar acara Ramah Tamah atau Hasundau.

Kegiatan ini sekaligus perayaan HUT ke 12 DAD Kalteng tahun 2019 dilaksnakan di Betang Eka Hapakat, Kantor DAD Kalteng jl.RTA Milono Palangka Raya, Jumat malam (16/8/19).

Hasupa hasundau diawali dengan berdoa bersama yang diwakili oleh Agama Islam, Agama Kristen Protestan dan agama Hindu Kaharingan.

Hadir Ketua DAD Kalteng, H.Agustiar Sabran,S.IKom, Depoti Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) Ir.Sipet Hermanto,MM, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Penerus Perjuangan (APP) Gerakan Mandau Talawang Pancasila (GMTPS) Iber H Nahason, SE, M.Sc dan tokoh lainnya.

Ketua panitia pelaksana DR.Andrie Elia Embang dalam laporannya sekaligus, manyapa sekaligus menyampaikan selamat datang dalam kegiatan Hasupa Hasundau dengan menyebutkan satu per satu nama tokoh adat, keagamaan dan pemuda.

Menurut Andrie Elia Embang melakukan berbagai momentum kita senagai orang Dayak mensosialisasi sikap sangat terbuka kepada orang luar, sebagaimana pilosofi yang hakiki dalam Huma Betang dengan tidak melihat agama maupun suku dipandang sama dan dilayani bagi tamu yang datang.

BACA JUGA :  TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BAIK TARGET PEMKAB GUMAS

Dia mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ketua Umum (Ketum) DAD Kalteng H.Agustiar Sabran yang kebetulan HUT bersamaan pada 17 Agustus 2019.

Ketua DAD Kalteng H.Agustiar Sabran yang mengawali sambutan dengan “Malahap”, salam kebesaran bagi orang Dayak secara khusus mengucapkan turut duka cita kepada masyarakat di beberapa daerah di Kalteng yang sedang dirundung bencana asap, khususnya Palangka Raya dan Pulang Pisau serta sebagian di Kabupaten Kotim, karena di Kalteng beberapa Kabupaten lain relatif terbebas dari asap yang udaranya bersih dan cerah.

Dikatakan, Dayak secara Sumber Daya Masyarakat (SDM) sungguh luar biasa.Contoh, akhir-akhir ini ditemukan keariban lokal dari bahan akar ditemukan oleh anak pelajar SMA obat penyakit kanker yang membuat beritanya sangat viral dan menggempar dunia.

Bangga kita jadi orang Kalteng dengan suku besar Dayak yang menjunjung tinggi keberagaman.Disini sangat menghormati satu sama lain dan hidup setara tidak pandang agama.Memang ada tiga agama besar Islam, Kristen dan Hindu Kaharingan, tapi sangat menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan yang berbeda- beda itu sebagai aset.(Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *