MENGENAL LEBIH DEKAT FIGUR SOSOK CAWAGUB MARUKAN

oleh -66 views

Palangka Raya, 20/10 (Dayak News). Mengenal lebih dekat lagi seorang figur DR. Ir. Marukan, M.A.P sebagai seorang bakal calon (balon) Wakil Gubernur (balon wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam keikutsertaannya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Kalteng tahun 2020.

“Pak Marukan seorang mantan bupati Lamandau ketiga yang menjabat selama dua periode,2008 – 2013 dan 2013 – 2018. Beliau merupakan salah putra terbaik Kalteng lahir di Desa Bayat, Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau, tanggal 4 Februari 1958,” kata Taguh salah seorang tokoh adat yang ada di Nanga Bulik, kepada Dayak News.com melalui selulernya, Minggu (20/10).

Menurutnya, sosok seorang Marukan dulunya merupakan seorang dosen pada perguruan tinggi negeri terbesar di Kota CANTIK Palangka Raya, yakni Universitas Palangka Raya (UNPAR) yang saat ini dengan UPR, tepatnya pada Fakultas Pertanian sejak tahun 1985 sampai dengan 2002.

Selain menjadi seorang dosen di Unpar dirinya juga pernah menjadi dosen di Univesitas PGRI. Dari kedua Kampus ini pernah menduduki jabatan. Di Fakultas Pertanian Unpar sebagai Ketua Program Studi Kehutanan dan Pembantu Dekan Fakultas Pertanian selama 2 periode dan juga pernah menjabat Pembantu Dekan 3 di Fakultas Non Gelar Unpar selama dua periode.

“Sebelum menjabat bupati Lamandau dua periode, beliau merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pernah menjabat Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Lamandau 2002 – 2003, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan 2003 – 2004. Dan sekaligus pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamandau 2004 – 2008,” ujarnya.

Selama menjadi bupati Lamandau dua periode banyak yang telah dilakukannya diantaranya, infrastruktur, pelestarian budaya lokal, sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, pertanian dan perkebunan. Dan beberapa bidang lainnya lagi, bahkan pada akhir masa jabatannya Kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba tersebut memiliki kampus kebangaan masyarakat di Kota Nanga Bulik yang terkenal dengan nama Politeknik Lamandau (Polilaman).

BACA JUGA :  GUBERNUR KALTENG TERTARIK BUDIDAYA LEBAH MADU KELULUT

Ditambahkannya, prestasi demi prestasi yang telah ditoreh diantaranya, berbagai event kegiatan provinsi yang pernah diadakan di Kabupaten Lamandau, yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalteng, Pesparawi Tingkat Provinsi Kalteng serta agenda tahunan Festival Babukung yang masuk menjadi event kalender tahunan tingkat nasional dan tercatat pada rekor muri yakni Fetival 1000 Bukung pada tahun 2016.

Marukan juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Lamandau, dengan telah berhasil mendudukkan tiga kader terbaiknya di kursi DPRD Kabupaten Lamandau periode 2019 – 2024.

“Pada saat ini dengan dorongan yang kuat dari beberapa tokoh dan kalangan masyarakat, politisi, pejabat pemerintahan, akedemisi yang saat ini terus mengalir putra terbaik Provinsi Kalteng ini untuk maju sebagai Balon wagub pada Pilkada gubernur dan wakil gubernur Kalteng tahun 2020 mendatang,” demikian Taguh. (Dayak News/FUAD/BBU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *