MENTERI LHK OPTIMIS AKAN PROSPEK KEDEPAN PULANG PISAU

oleh -32 views

Pulang Pisau, 8/5/19 (Dayak News). Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meninjau Hutan Tanaman Rakyat (HTR) Sengon yang berada di desa mentaren II Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (8/5/19).

Dalam kunjungan tersebut beliau didampingi oleh Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Sekjen dan Dirjen dari Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Unsur Forkopimda Pulang Pisau.

Dalam rangkaian acara peninjauan tersebut Menteri melakukan dialog dengan Gabungan kelompok usaha tani Hutan dari Kecamatan Kahayan Hilir. Dialog tersebut terkait mengenai kesiapan petani dalam pembuatan kebun tanaman bibit sengon sendiri karena sebelumnya bibit berasal dari BPDAS, penentuan harga jual kayu sengon ke rakyat harus adil, sertifikasi teknis dalam penentuan kualitas kondisi kayu yang akan dipasarkan, serta Mempersiapkan pelatihan dan pendidikan bagi Kelompok tani.

Menteri mengatakan bahwa pemerintah akan terus mengupayakan dan memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam pengembangan hutan tanaman rakyat yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

“Kita tadi sudah ketemu dengan petani Sengon, dan kita juga sudah melihat tanamannya juga. Saya kira kita sangat optimis prospek ini akan menjadi industri bersama rakyat akan bisa diwujudkan dalam pengelolaan Sengon ini di Pulang Pisau,” kata Siti Nurbaya kepada awak media usai meninjau pabrik Sengon dan tanaman rakyat di desa tersebut.

Dalam pengembangan kayu sengon yang akan di pabrikkan ini diperlukan lahan seluas 20.000 hektar dan ini peluang yang sangat besar bagi Kabupaten Pulang Pisau untuk menambah lahan yang sudah ada sehingga nantinya Kabupaten Pulang Pisau dapat menjadi percontohan untuk perhutanan social dan dapat menjadi pusat industry kayu olahan.

“Karena tadi prospeknya sangat bagus untuk ekspor, dan mereka sudah mulai mengekspor. Jadi, kedepannya tanaman Sengon masyarakat di Pulang Pisau ini akan lebih baik dan maju,” ucapnya.

BACA JUGA :  CALEG NASDEM TEWAS MENGENASKAN LAKALANTAS

Setelah melakukan dialog Menteri Beserta rombongan menyambangi PT. Nagabhuana Aneka Piranti yaitu corporate yang akan mengolah kayu sengon hasil kelompok taninya. (Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *