BAGAIMANA VAKSIN BERFUNGSI MELINDUNGI TUBUH DARI COVID-19?

oleh -
BAGAIMANA VAKSIN BERFUNGSI MELINDUNGI TUBUH DARI COVID-19? 1

Palangka Raya (Dayak News) – Masih kurangnya informasi yang dipahami masyarakat terhadap maksud vaksinasi anti Covid. Bahkan di beberapa konten media sosial baik berupa ulasan maupun audio visual telah menganggap vaksinasi itu hanya untuk kepentingan politik dagang saja. Benarkah vaksin yang kita terima itu dapat mencegah kita terinfeksi virus Corona? Bagaimana cara vaksin itu bekerja menahan infeksi?

Berikut ini tulisan dari Omar S. Abu Abed dalam Jurnal Genes and Immunity menjelaskan kegunaan vaksin itu dalam melawan infeksi virus. Tulisan ini dapat diakses pada situs https://www.nature.com/articles/s41435-021-00136-6

Vaksin-vaksin yang sudah beredar diberikan ke tubuh manusia dengan disuntikkan ke dalam jaringan otot. Setelah disuntik partikel-partikel nano lipid menuju sel-sel dan melepaskan kode genetik ke dalam ruang sitoplasma untuk membaca kode genetik virus Covid yang terus bermutasi sekian waktu di permukaan sel-sel inang tempat tumbuhnya. Sistem kekebalan yang dibangun oleh orang yang sudah divaksin akan mengenali setiap partikel protein asing itu dan menganjurkan antibodi untuk melawannya.

Salinan-salinan dari antibodi-antibodi yang terbentuk akan disimpan dalam tubuh untuk melawan setiap potensi infeksi virus Covid-19 di masa yang akan datang. Vaksin diberikan dengan dua tahap suntikan dengan jarak antara tiga hingga empat minggu.

Jadi berdasarkan tulisan Abu Abed ini, vaksin yang diberikan itu akan membangun kode genetik yang melawan infeksi virus Covid-19 dalam tubuh manusia. Sementara antibodi itu merupakan karunia Tuhan dalam tubuh manusia, tetapi antibodi itu diarahkan oleh vaksin yang kita terima itu untuk mampu mengenali infeksi virus yang bermutasi di dalam sel-sel tubuh manusia. (CPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.