CEGAH WARGANYA TERTULAR COVID-19, PEMDES CANDIREJO KEC-PONGGOK GELAR VAKSINASI MASSAL

oleh -
oleh
CEGAH WARGANYA TERTULAR COVID-19, PEMDES CANDIREJO KEC-PONGGOK GELAR VAKSINASI MASSAL 1
Petugas sedang menyuntikan vaksin.

Blitar (Dayak News) -Vaksin Covid-19 merupakan salah satu upaya paling efektif untuk mencapai kekebalan kelompok atau Herd Immunity.Oleh karenanya,memahami manfaat Vaksinasi Covid-19 sangat penting agar seluruh warga tidak lagi memiliki keraguan untuk menjadi peserta vaksin.

Seperti di ketahui,hingga saat ini pengobatan Covid-19 masih dalam tahap pengembangan.

Upaya terbaik menghindari penularan Covid-19 adalah dengan disiplin protokol kesehatan dan melakukan kegiatan vaksinasi apabila di mungkinkan.

Di lansir dari canal youtube Sekretariat Presiden pada (1/06/21),Jubir Satgas penanganan Covid19, Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa fungsi vaksin Covid-19 adalah untuk mencegah penularan ataupun untuk mencegah seseorang yang sudah terinfeksi agar tidak mengalami gejala yang buruk akibat terpapar virus.

CEGAH WARGANYA TERTULAR COVID-19, PEMDES CANDIREJO KEC-PONGGOK GELAR VAKSINASI MASSAL 2
Suparman, Kepala Desa Candirejo -Kecamatan Ponggok,Blitar

Sebagai upaya percepatan penanggulangan Covid-19 yang di gaungkan Pemerintah Pusat selama ini,Pemerintah Desa Candirejo,Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar,pada jumat (9/7/21)menggelar Vaksinasi massal bagi warganya.

Pelaksanaan vaksin massal yang bertempat di Balai Desa Candirejo tersebut melibatkan 23 tenaga kesehatan yang terdiri dari Dokter,Perawat, Vaksinator dan Bidan yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Ponggok.

Mereka Juga di bantu oleh 10 relawan dari kader PKK Desa setempat.

Ada beberapa tahapan yang harus di lakukan oleh peserta sebelum di vaksin.

Mereka satu persatu wajib mendaftarkan diri dan mengisi formulir skrining kesehatan yang sudah di sediakan oleh petugas.Kemudian,setelah mengisi formulir, peserta akan di cek kesehatan oleh Dokter yang bertugas pada bagian skrining. Di antaranya,pengecekan suhu tubuh,tensi darah,diagnosa batuk dan pilek serta ukur tinggi dan berat badan. Apabila Dokter menyatakan sehat dan memenuhi persyaratan untuk di vaksin,berikutnya peserta di minta menunggu giliran untuk di vaksin.

Di ketahui,pelaksanaan Vaksin Covid-19 Desa Candirejo ini adalah tahap lanjutan dari Vaksinasi yang telah di gelar sebelumnya yaitu pada jumat(18/06/21)lalu.

BACA JUGA :  TAMPIL DI HUT SMSI KE-5, PROF. YUDDY APRESIASI RESOLUSI PBB UNTUK HENTIKAN SERANGAN RUSIA

Antusias warga, meski pelaksanaan vaksin baru akan di mulai pukul 08.00 wib, pagi itu masyarakat Desa Candirejo yang berasal dari empat Dusun yaitu,Dusun Candirejo, Gentor, Rejoso dan Kalicilik nampak sudah berdatangan ke lokasi vaksin lebih awal.Bahkan mereka rela mengantri sejak pukul 06 pagi menunggu di bukanya pendaftaran di luar Gedung Balai Desa.Purwanto,(43 tahun)laki-laki asal Dusun Gentor yang sudah melakukan vaksin ini mengaku berangkat lebih awal,”saya tadi berangkat pukul 6 pagi pak,biar segera bisa vaksin dan pulang lebih awal”.jelasnya.

Lebih lanjut,di sampaikan oleh petugas bahwa jumlah vaksin yang tersedia untuk warga Candirejo saat ini sebanyak 500 vaksin Sinovac.Sehingga,hari itu Pemerintah Desa Candirejo menyesuaikan dengan daftar dan jumlah peserta yang hadir.

CEGAH WARGANYA TERTULAR COVID-19, PEMDES CANDIREJO KEC-PONGGOK GELAR VAKSINASI MASSAL 3
Suasana Vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Candirejo,

Pantauan Dayaknews.com dilokasi faksin,di ketahui ada beberapa peserta yang gagal vaksin.hal tersebut berdasarkan dari hasil chek kesehatan.Pada umumnya peserta yang gagal vaksin adalah mereka yang memiliki penyakit bawaan.Sehingga,dengan mempertimbangkan faktor keamanan dalam hal kesehatan dan keselamatan nyawa,Dokter memutuskan tidak mengijinkan seseorang untuk mengikuti vaksin.

Sementara itu,di temui di ruang kerjanya,Suparman selaku Kepala Desa Candirejo mengungkapkan kegembiraannya.Dia mengatakan jika pelaksanaan vaksin hari ini adalah kali yang ketiga dan sudah menyasar pada 1500 warga nya.”Alhamdulilah mas,mudah-mudahan pelaksanaan vaksin hari ini berjalan lancar.ini adalah pelaksanaan tahap ke tiga”,ujar nya.”jika sebelumnya warga kami sejumlah 1000 orang sudah di vaksin,hari ini insyaalah akan ditambah 500 orang,sehingga jumlahnya akan menjadi 1500 orang”.terang Suparman dengan nada sumringah.

“Harapan kami sebagai Pemerintah Desa.” lanjutnya,”mudah-mudahan Vaksinasi Covid-19 ini bermanfaat bagi warga kami,agar kami semua bebas dari Covid-19 dan leluasa melakukan aktifitas seperti dulu.Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada tenaga kesehatan,unsur Muspika yang telah membantu terlaksananya kegiatan vaksinasi,serta Pemerintah yang telah hadir di tengah masyarakat dengan menggelontorkan vaksin Covid-19,mudah-mudahan vaksinasi terus di lakukan hingga menyasar masyarakat secara keseluruhan”.pungkasnya. (DArm/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.