DESA DUREN MANFAATKAN DANA DESA (DD) UNTUK PROGRAM MULIA REHABILITASI RTLH

oleh -16 views
DESA DUREN MANFAATKAN DANA DESA (DD) UNTUK PROGRAM MULIA REHABILITASI RTLH 1
Sudirman saat Merealisasikan Program Penanganan Covid-19,membagikan 9.000 masker untuk warganya.

Blitar (Dayak News) – Dalam mendukung keberhasilan program Pemerintah yaitu memberikan rumah yang layak huni bagi masyarakat, Pemerintah Desa Duren, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar,memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi warganya yang tidak mampu.

Menurut Kepala Desa Duren,Sudirman,Program Rehab RTLH tersebut sudah di masukan dalam perencanaan APBDes sejak tahun 2019.

di katakanya, hingga saat ini masih ada beberapa warga tinggal di rumah yang tidak layak untuk di tempati.sehingga Pemdes Duren masih memasukkan program Rehab RTLH dalam Perencanaan APBDes tahun 2021 ini.” memang di desa kami masih ada beberapa warga miskin yang tinggal di rumah dengan kondisi bangunan sangat memprihatinkan.dengan dasar itulah kami Pemerintah Desa bersepakat memasukkan Rehab RTLH sebagai program prioritas” terang Sudirman,(21/5) di ruang kerjanya.

Seperti di ketahui,Pemdes Duren hingga saat ini telah melaksanakan Rehab RTLH sabanyak 4 Unit.masing-masing rehab,2 Unit rumah pada 2019 lalu dan 2 Unit rumah di 2020. Sementara untuk rehab RTLH tahun 2021 ini, Pemdes Duren mengaku masih melakukan validasi Data.”untuk saat ini, kami masih lakukan validasi data jumlah RTLH, sebab ada Juga program serupa yang anggarannya di cover pemprov dan daerah.namun,lanjut Sudirman, tidak semua warga miskin tercover atau masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang di keluarkan BPS,sehingga rumah warga tersebut tidak bisa di rehab dengan menggunakan dana dari Propinsi atau Daerah.di disinilah Dana Desa berperan sebagian di gunakan untuk rehabilitasi rumah warga miskin yang tidak masuk DTKS.” jelentreh Sudirman.

DESA DUREN MANFAATKAN DANA DESA (DD) UNTUK PROGRAM MULIA REHABILITASI RTLH 2

Sementara,berdasarkan catatan yang ada pada RAPBDes tahun 2020,terdapat 2 unit rumah yang telah di rehab oleh Pemerintah Desa Duren dengan menggunakan dana desa (DD),yaitu rumah Ibu wiji di RT 03,RW 02,dusun Duren dan rumah Ibu sarmi di RT 11,Rw 02 dusun genengan.kemudian, dalam catatan APBDes tersebut,pemanfaatan dana desa Duren Juga di prioritaskan untuk penanganan Covid -19.seperti melakukan disinfiktan dan pembagian 9.000 masker.

Kemudian untuk program infrastrukturnya adalah Pembangunan rabat jalan sabanyak 2 titik,yaitu di RT 02,RW 01 yang terletak di dusun duren.serta membangun saluran air di 2 tempat,yaitu di RT 12,Rw 02 dusun genengan dan di blok sawah talangan yang berada di dusun duren.

Saat Media ini bertandang di kediaman salah satu warga yang rumahnya telah di rehab, nampak Ibu sarmi sangat bergembira, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Duren” saya sampaikan terima kasih untuk Pemerintah Desa Duren,mudah- mudahan program mulia ini terus berlanjut untuk warga lain yang sangat membutuhkan.” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.