HUSNI MUSTAFA: KOMISI VIII DPR RI TERUS PERJUANGKAN ONH SAMA DENGAN TAHUN LALU

oleh -18 views
HUSNI MUSTAFA: KOMISI VIII DPR RI TERUS PERJUANGKAN ONH SAMA DENGAN TAHUN LALU 1
Husni Mustafa

Medan (Dayak News). Jemaah calon haji 1442 H/2021 M jangan khawatir terhadap Ongkos Naik Haji (ONH) tahun ini karena sama dengan tahun lalu yaitu Rp35.200.000.

Meski pemerintah Arab Saudi belum memberi suatu kepastian terhadap penyelenggaraan haji 2021, namun calon jemaah tidak usah khawatir terhadap kenaikan ONH, Komisi.VIII DPR RI terus memperjuangkan agar ONH paling tidak sama dengan tahun lalu.

“ONH tetap seperti tahun lalu menyusul Komisi VIII DPR RI memperjuangkan agar tidak ada kenaikan ONH,” tandas Anggota Komisi VIII DPR RI, HM Husni Mustafa,SE,MM yang juga Ketua Umum DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara menjawab pertanyaan pers di Medan, Kamis 8/4/2021.

Husni Mustafa menjelaskan sebelumnya Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberi masukan tentang biaya penyelenggaraan ibadah haji 2021. itu muncul dalam rapat dengar pendapat (RDP) BPKH dengan Panja BPIH-Komisi VIII DPR.

Dalam rapat tersebut, dibahas mengenai skenario pembiayaan yang diperlukan sesuai dengan penghitungan proyeksi kuota.Skenario pembiayaan haji naik Rp9,1 juta sehingga biaya haji 2021 menjadi Rp44,3 juta perjemaah

Husni menilai ONH Rp44,3 juta masih primatur. Kemudian Kementerian Agama bersama DPR RI membuat skenario jumlah calon jemaah yang bisa menunaikan haji 30 persen atau sekitar 60 ribu jemaah.

Diakui masa Covid 19 ini ditetapkan protokol.kesehatan yang ketat seperti swab sebanyak 4 kali dengan.biaya 400 Rial. Begitu juga hotel bagi jemaah haji Indonesia satu kamar 2 orang dari biasanya 4 orang, dan karantina selama 5 hari.

Bukan hanya itu makanan siap saji sudah pasti mengalami kenaikan biaya haji. Namun kami sudah menggelar rapat dengan Kemenang dan pihak perusahaan penerabangaan.Ternyata ada penurunan biaya naik haji.

“Meski biaya haji meningkat karena akibat Covid- 19 Tapi yang sudah pasti kami dari Komisi VIII DPR RI tetap memperjuangkan agar ONH bisa seperti musim haji sebelumnya sekitar Rp35.200.000,” ujar Husni Mustafa.

Bisa dibayangkan kata Husni, secara riil biaya haji mencapai Rp 75 juta hingga Rp80 juta per jemaah. Itu dampak dari Covid-19 ini. Husni menilai ternyata biaya haji sebesar itu cukup mahal bagi jemaah.

“Tapi setelah melakukan negosiasi dengan pihak Hotel dan Garuda biaya haji menjadi berkurang. Bahkan dengan adanya dana BPKH sehingga ONH hanya Rp 35 juta.lebih per jemaah,” rinci dia seraya menambahkan RDP antara BPKH.dengan.Panja BPIH- Komisi VIII DPR, Selasa lalu membahas tentang BPIH Tahun 1442 H/2021

Husni Mustafa yang juga pendiri Pesantren Modern Al Ikhsan Hamparan Perak ini berharap jemah haji jangan khawatir dalam melaksanakan rukun Islam ke lima di Tanah Suci skenarionya sudah dipersiapkan dengan baik.(BA/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *