KADIN SUMUT SIAP LAKUKAN TEROBOSAN JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

oleh -62 views
KADIN SUMUT SIAP LAKUKAN TEROBOSAN JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN 1

Medan, (Dayak News) Kadin Sumatera Utara akan melakukan beberapa terobosan antara lain membina perusahan yang bergerak di bidang sanitasi lingkungan.

Terobosan tersebut saat ini menjadi penting dalam.upaya.menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat apalagi di tengah pandemi Covid 19.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kadin Sumut, Khairul Mahalli kepada media ini di Medan, Kamis 20/5/2021.

Dia.mencontohkan seperi tangki septik kedap guna menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Pertama sanitasi lingkungan seperti menjagan. Soalnya lingkungan di sekitar kita, tangki septik atau yang digunakan masyarakat sekarang ini tidak memiliki kedap.

“Tangki Septik tanpa kedap otomatis akan mencemari air tanah tanah dan lingkungan. Itu sebabnya kita harus berhati-hati jangan sampai.mencemari lingkungan yang berdampak pada kesehatan masyarakat,” ujar Mahalli didampingi Waketum Bidang Investasi, Hubungan Kerjasama BUMD/BUMN, Ir Hery Batangari Nasution dan Waketum Tonny Silvaraj, yang juga Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Bisnis Manajemen Usaha, India, Pakistan dan Srilangka.

Mahalli mengakui Kadin mempunyai perusahaan binaan industri septiteng untuk menyiapkan Instalasi Pengelolaan Air Limbah atau IPAL seperti Ipal hotel, rumah sakit, puskesmas maupun limbah industri cair bersifat B3.

“Kadin sebagai payung dari berbagai perusahaan memiliki tanggungjawab moral terhadap sanitasi lingkungan maupun kesehatan masyarakat. Itu sebabnya industri sanitasi berkedap perlu dikembangkan,” tambah Mahalli yang juga Sekjen Asdeki ini.

Dia melukiskan kesehatan itu mahal.Bayangkan saja berapa biaya perawatan dan pengobatan warga positif Covid 19 itu cukup mahal bukan?

Mahalli berharap para pelaku usaha sektor industri, dapat berhubungan dengan Kadin Sumut.Apakah mereka bergerak di sektor industri limbah, hotel, puskesmas rumah sakit dan lainnya.

Dia menyebutkan PDAM Tirtanadi sebagai salah satu mitra Kadin yang melayani penyedotan lumpur tinjak terjadwal L2, T2.Tirtanadi memiliki tangki septik kedap terbuat dari bahan fiber cukup simpel yang direkomendasi i Kementerian Lingkungan Hidup dan Dinas kehutanan.

Kadin Indonesia di wakili Tonny Silvaraj, mengapresiasi karya produk anak bangsa.
Sebagai anak bangsa kita harus cinta produk dalam negeri dan berfikir agar generasi muda mendatang bisa menghapus forenmendif.

“Kita sebagai negara besar, kaya dan banyak orang pintar harus berpikir dan mendukung produk-produk yang di hasilkan -anak bangsa,” kata Tonny.

Sebagai terobosan baru Kadin, patut banggakan. Industri akan mengubah limbah cair tadi menjadi air layak pakai sangat membantu kebutuhan air bagi masyarakat.

“Air, sumber kehidupan. Karena itu pengembang usaha produk mesin ataupun teknologi dihasilkan Kadin Sumut sebagai terobosan baru. Kadin merupakani mitra pemerintah, siap mendukung dan membantu meningkatkan kualitas air layak pakai bagi rakyat Indonesia,” papar Tonny.(BA/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.