PON XX PAPUA 2021, AJANG KEBANGKITAN EKONOMI PARIWISATA DI TENGAH PANDEMI

oleh -
oleh
PON XX PAPUA 2021, AJANG KEBANGKITAN EKONOMI PARIWISATA DI TENGAH PANDEMI 1

Jakarta, (Dayak News) – Pekan Olahraga Nasional (PON XX) Papua yang akan digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang akan mempertandingkan 37 cabang olahraga di empat kluster tuan rumah, diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan menyatakan keyakinannya jika PON XX 2021 dapat membangkitkan sektor ekonomi pariwisata dan destinasi wisata di Papua.

“PON merupakan pesta olahraga nasional terbesar di Indonesia yang diikuti oleh para atlet dan official dari seluruh provinsi se-Indonesia. Diharapkan penyelenggaraan PON dapat membangkitkan sektor ekonomi pariwisata dan destinasi wisata khususnya di Papua,” kata Sandiaga Uno dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9)
dengan tema “PON Gerakkan UMKM dan Wisata Papua” pada Kamis (2/9/2021).

PON XX PAPUA 2021, AJANG KEBANGKITAN EKONOMI PARIWISATA DI TENGAH PANDEMI 2

Sandiaga Uno mengatakan bahwa provinsi Papua merupakan salah satu prioritas dalam pengembangan destinasi wisata, khususnya dalam hal peningkatan 3A. 3A yang dimaksud adalah atraksi sebagai daya tarik utama sebuah destinasi wisata, amenitas sebagai fasilitas pendukung sebuah destinasi wisata dan aksesibilitas yang dapat diartikan sebagai beragam hal yang berkaitan dengan akses wisatawan ketika hendak berkunjung ke sebuah destinasi wisata.

Terkait pengembangan dan peningkatan tersebut, Kemeparekraf bersama dengan stakeholder terkait berupaya meningkatkan kapasitas pengelolaan dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif melalui beberapa program.
Program tersebut antara lain, pemberdayaan masyarakat, promosi pariwisata Papua di semua media yang di miliki oleh Kemenparekraf.

Hal ini dilakukan agar provinsi Papua dapat di kunjungi oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara yang berkualitas. Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar daya tarik wisata di Papua.

BACA JUGA :  WAH KATINGAN BAKALAN BUKA WISATA DANAU DI TENGAH KOTA

Selain itu, tambah Sandiaga Uno, Kemenparekraf juga berkomitmen menyukseskan pelaksanaan PON XX 2021 di Papua melalui berbagai dukungan diantaranya, even to Festival Danau Sentani, Konser Musik Nyanyian Cendrawasih, Numbay Creative Festival dan Festival Noken.

Kemenparakraf juga mempromosikan even PON XX melalui media Parekraf dan mengadakan pelatihan SDM pariwisata dan Ekraf melalu sub sektor dan pelatihan bahasa inggris secara online.

PON XX PAPUA 2021, AJANG KEBANGKITAN EKONOMI PARIWISATA DI TENGAH PANDEMI 3

Melalui PON XX 2021 di Papua, Sandiaga Uno mengajak seluruh pihak ikut berpartisipasi secara aktif guna pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Pengurus Besar (PB) PON Bidang Sosial Budaya sendiri telah meluncurkan dua aplikasi sebagai upaya mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Tahun Kedua aplikasi tersebut adalah Papua Tourism dan Gerai Honai Papua.
Aplikasi ini adalah merupakan wujud dari hasil identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke selaku empat lokasi penyelenggaraan, ditambah 2 wilayah buffer yaitu Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

Papua Tourism dimaksudkan untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 cluster PON XX Papua baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah dan sebagai E-Commerce Penjualan Produk Budaya secara online.

Sementara Gerai Honai Papua dibuat untuk mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 cluster PON XX Papua, seperti anyaman (tas/noken), ukiran, lukisan kulit kayu, gerabah hingga kuliner lokal.

Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). Kegiatan FMB9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (PR/FMB9/JOHNRIC/VR/TR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.