SEKJEN ASDEKI: DALAM ERA TRANFORMASI DIGITAL DEPO KONTAINER MAKIN BEPERAN

oleh -
SEKJEN ASDEKI: DALAM ERA TRANFORMASI DIGITAL DEPO KONTAINER MAKIN BEPERAN 1
Ketua Umum Asdeki, Ari Kristanto (kanan) didampingi Sekjen Asdeki Khairul Mahalli

Medan, (Dayak News)– Sekarang ini peranan Depo kontainer semakin penting karena sangat diperlukan baik sebagai
tempat penyimpanan, menjamin kelaikan kontainer, buffer maupun area, tempat transit yang berfungsi untuk memperlancar arus barang di pelabuhan.

Di era transformasi digital ini Depo Kontainer semakin berperan,” ujar Sekjen Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI), Khairul Mahalli dari Jakarta, Kamis 13/1/2022.

Dia mengatakan hal itu terkait pemaparan Asdeki bertema “Kolaborasi NLE & Depo Petikemas” yang digelar Asdeki di Jakarta pekan lalu.

Mahalli meyebutkan perkembangan perdagangan internasional yang sangat maju seperti sekarang ini menumbuhkan semakin banyaknya Depo Kontainer yang didirikan baik oleh perusahaan nasional maupun perusahaan multi nasional sehingga menambah kian ketatnya pula persaingan.

Menyinggung peranan Asdeki, Mahalli yang juga Ketua Kadin Sumut ini menjelaskan Asdeki ikut serta menyusun RPP Kepelabuhanan & Angkutan di Perairan.

Selain itu asosiasi ini juga berperan aktif dalam menyusun PM 83 Tahun 2016 Tentang Depo Petikemas. Berperan aktif menyusun PM 53 Tahun 2018 Tentang Kelaikan petikemas dan VGM terverifikasi.

Begitu juga dalam menyusun PM 59 / 2021 Tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan Angkutan di Perairan, menyusun PP 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Usaha Berbasis Resiko.

Termasuk menyusun Kajian Komponen Biaya Jasa Depo Peti Kemas. Berperan aktif dalam rapat-rapat terkait Logistik, angkutan dan kepelabuhanan .Asdeki terdaftar dalam Team SISLOGNAS sekaligus penyusun Standarisasi Bidang Logistik termasuk aktif dalam rapat-rapat terkait Logistik.

“Asdeki tergabung dalam Anggota Luar Biasa KADIN Indonesia bahkan tergabung dalam Forum Komunikasi Asosiasi di Pelabuhan Tanjung Priok dibawah binaan Kemenhub disamping pendiri Lembaga Sertifikasi Profesi PT. Logistik Insan Pri,” jelas Mahalli yang juga Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) ini

Justru itu sebagai salah satu misi, Asdeki berkomitmen menjadi organisasi profesi yang dapat memajukan usaha Depo peti kemas Indonesia bersama pelaku ekonomi lainnya sehingga bermanfaat bagi anggota khususnya dan Negara Indonesia umumnya.

“Kita berusaha memperjuangkan dan melindungi hak serta kepentingan anggota dalam menjalankan roda usaha Depo Peti kemas. Menjalin kerjasama dengan pemerintah dan organisasi profesi yang berkaitan dengan usaha Depo
Peti kemas,” ujar Mahalli.

Selain itu misi Asdeki juga katanya ikut memupuk kerjasama dan mengurangi persaingan yang tidak sehat antar sesama anggota dan membantu anggota untuk meningkatkan profesionalisme dalam upaya memacu kinerja masing-masing Depo Peti kemas.(BA/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.