Sosok Mantan Gubsu Dato’ H Syamsul Arifin SE, Dimata Salah Satu Keluarganya yakni H Syah Affandi SH

oleh -
oleh
Wartawan Dayak News Medan Said Kamal Dewa S.Sos bersama Bupati Langkat H Syah Affandi SH di Kantor Bupati.
Wartawan Dayak News Medan Said Kamal Dewa S.Sos bersama Bupati Langkat H Syah Affandi SH di Kantor Bupati.

Perbincangan Dayak News Bersama Bupati Langkat H Syah Affandi SH di Kantor Bupati

Medan (Dayak News) – Berjarak lebih kurang 50 Km dengan waktu 1 jam, jurnalis Dayak News pergi ke Langkat berjumpa dengan salah satu Keluarga Almarhum H Syamsul Arifin yaitu Adik kandungnya Bupati Langkat H Syah Affandi SH.

Tepat pukul 11.00 Wib Jurnalis Dayak News sampai di kantor Bupati Langkat, tiba di Kantor Bupati Langkat dengan ramah para Pegawai menanyakan ada keperluan apa Pak?. Jurnalis Dayak News menjawab mau jumpa dengan Bapak Bupati.

Lalu Pegawai Langkat itu kembali bertanya apakah sudah janji sama Bapak, Jurnalis tersebut menjawab sudah janji.

Lalu Pegawai tersebut mempersilahkan menulis buku tamu dan keperluan apa. Jurnalis Dayak News pun menulis buku tamu tersebut.

Lalu Pegawai tersebut mempersilahkan duduk di ruang tamu, karena Bapak Bupati lagi ada acara rapat. Dan jurnalis Dayak News pun menunggu di ruang tamu.

Setelah menunggu cukup lama sekitar kurang lebih 5 jam, dan acara rapat sudah selesai, Dayak News pun mencoba WA Bupati apakah selesai siap rapatnya dan bisa saya ketemu, akhirnya Bupati tersebut menjawab sudah siap dan persilahkan naik ke lantai 2.

Langsung saja Dayak News naik kelantai 2 menemui Bupati Langkat. Sesampainya dilantai 2, Jurnalis Dayak News berjumpa dan permisi dengan Pegawai Satpol PP, bertanya apakah masih ada tamu Pak Bupati, pegawai Satpol PP pun bertanya ada keperluan sama Bapak Bupati ya Bang, saya menjawab iya, sudah janji pada hari Senin dan sekarang disuruh naik lantai 2.

Dengan ramah pegawai Satpol PP itu menjawab sebentar saya jumpai Ajudannya. Lalu Ajudan keluar dengan ramah menyambut “dengan Pak Said” dari Dayak News ya, lalu saya menjawab iya, sebentar ya Pak ada tamu, tunggu di ruang tamu Pak.

BACA JUGA :  Warga Terima Kasih UAS Ceramah di Desa Deli Makmur Kabupaten Kampar

Setelah menunggu 15 menit akhirnya saya ketemu dengan Pak Bupati. Pukul 17.30 Dayak News bertemu dengan Bupati Langkat.

Setelah ketemu sama Pak Bupati, disambut senyum, dengan Dayak News ya, jurnalis Dayak News pun menjawab iya, dengan ramah Bupati Langkat bertanya ya apa cerita.

Langsung saya menjawab mau membuat liputan khusus mengenang Sosok Almarhum Dato’ H Syamsul Arifin.

Langsung saja Pak Bupati menceritakan sosok Abangnya Almarhum H Syamsul Arifin. Almarhum Syamsul itu merupakan Abang saya yang nomor 1 dari 8 kami sekeluarga.

Almarhum itu orangnya sangatlah baik dan dari kecil sudah terbiasa menjalankan tanggung jawab lebih, beliau ini saya katakanlah melebihi dari hidup manusia normal tanggung jawabnya, dan sudah kami saksikan bersama kalau Almarhum bukan hanya mengurusi Anak dan Cucu kandungnya, tapi Almarhum juga mengurusin anak dan cucu adik-adiknya.

Makanya kami ini sekarang kehilangan sosok Abang dan Orang Tua, bahkan kehilangan seorang Pemimpin bagi masyarakat Langkat.

Lanjut Syah Affandi yang saya salutkan dari Almarhum itu dari umur 8 tahun sudah mencari nafkah jualan kue, kemudian Abang saya nomor 2 juga membantu mencuci sampan, karena kebetulan Bapak saya sakit, jadi Almarhum yang mencari nafkah untuk kami adik- adiknya.

Karena pada saat itu kehidupan kami sangatlah memprihatinkan. Jadi inilah yang menempa hidup dia dan karakter dia menjadi manusia bertanggung jawab dan sampai akhir hayatnya juga beliau masih membantu keluarga.

Ditanya Dayak News waktu sekolah SD, SMP dan SMA Dimana, Syah Affandi mengatakan bahwa Almarhum sekolah di SDN di Berandan, dan berlanjut di SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama) baru berlanjut di SMEA dan Kuliah di UISU.

Ditanya Dayak News apakah dulu Almarhum Atlet tinju, Syah Affandi mengatakan pernah jadi petinju tapi tidak digelutinya.

Ditanya Dayak News lagi, apakah Almarhum hobi berantem, karena biasanya petinju itu pasti hobi berantem, Syah Affandi mengatakan bahwa Almarhum itu tidak suka berantem, bahkan beliau ambil peran dalam perdamaian perkelahian sama kawannya, dan Almarhum itu orang lucu. Makanya banyak teman-temannya senang sama beliau.

BACA JUGA :  BUPATI LANGKAT NONAKTIF JUGA KERANGKENG SATWA DILINDUNGI

Ditanya Dayak News lagi Anak dan Cucu, Almarhum ada berapa. Syah Affandi menjawab bahwa anak Almarhum ada 3 dan cucu ada 2.

Lanjut Dayak News bertanya apakah benar Almarhum Orang Tuanya Pak Bupati dulu seorang Dermawan juga, karena sejarahnya dulu kalau Orang Tua Pak Bupati seorang Dermawan sama masyarakat Langkat khususnya masyarakat Berandan, kalau begitu DNA Kedermawanannya mengalir ke Almarhum H Syamsul Arifin, Syah Affandi mengatakan bahwa sudah karakter dari Orang Tua DNA Kedermawanannya turun ke Almarhum.

Bahkan lebih lagi dari Almarhum Kedermawanannya kepada masyarakat, terus terang beliau tidak bisa melihat orang susah, dengan segala macam cara dia akan membantu, jadi sangat luar biasa kedermawanannya melekat di hati banyak orang, dan di waktu lebaran dia selalu ingat sama masyarakat, dan setiap lebaran banyak sekali masyarakat datang kerumahnya.

Makanya Jargon Politiknya kemarin di Pilgubsu “Rakyat Tidak Lapar, Rakyat Tidak Sakit dan Rakyat Tidak Bodoh.

Dan kita buktikan waktu dia meninggal banyak pelayat yang datang dan mensholatkannya. Almarhum itu jangankan waktu senang, waktu susah aja bersedekah saja tidak putus.

Ditanya Dayak News lagi apa penyakit Almarhum, Syah Affandi mengatakan bahwa Almarhum sakit Diabet dan dibawa ke Rumah Sakit Citra di jakarta dan akhirnya di bawa ke RSPAD, dalam perjalanan menuju RSPAD beliau meninggal dunia.

Ditanya Dayak News waktu Almarhum Meninggal ada sahabat beliau menawarkan jasa pesawat pribadi dalam mempermudah di bawa jasadnya kemedan, tapi pihak keluarga menolak, kenapa Pak Bupati, Syah Affandi mengatakan pihak keluarga tidak mau terlalu euforia, biarlah normal-normal aja.

Ditanya lagi sewaktu Beliau menjadi Gubernur di Sumatera Utara, beliau menjalani Pemerintahan dengan cara Birokrasi Cair, maksudnya beliau pernah membantu atau mempermudah urusan masyarakat dengan tanda tangan di punggung orang dan langsung di Stempel di tempat, tidak harus di Kantor, apakah Pak Bupati seperti gitu menjalani Sistem Pemerintahan dengan Birokrasi Cair, Syah Affandi mengatakan bahwa saya akan berusaha langkah beliau terkait dengan mempermudah urusan ke masyarakat termasuk urusan Administrasi, pokoknya dimana saya berada jika ada urusan yang menyangkut Administrasi, saya akan langsung menandatangani, agar cepat selesai, dan masyarakat pun cepat selesai juga urusannya.

BACA JUGA :  Sukseskan Pemilu 2024. Pj Gubernur Sumut Titip Pesan Penting Ini Pada Media dan Influencer

Ditanya Dayak News apakah Almarhum rajin Sholat, Syah Affandi mengatakan sangat rajin Sholat, dimana pun beliau berada tetap Sholat nomor satu, bahkan sakit pun beliau tetap menjalani Sholat.

Ditanya Dayak News, kemarin kita sempat mewawancarai Mantan Atlet Nasional Falazona Fidal, dan berkata sama Dayak News bahwa Almarhum sempat memberikan amanah kepadanya, untuk membesarkan lagi Olahraga Tinju di Langkat, karena banyak juga atlet tinju yang kelas Asia berasal dari Langkat. Apakah Pak Bupati nantinya akan membesarkan Tinju di Langkat. Syah Affandi mengatakan Insya Allah amanah itu akan dilaksanakan, dan Almarhum juga pernah bilang, bahwa semua olahraga di Langkat untuk diberikan Support atau dukungan, termasuk Tinju juga kita Support.

Ditanya Dayak News apa hobby olahraga Pak Bupati, Syah Affandi mengatakan bahwa semua olahraga saya suka termasuk Tinju Juga.

Ditanya Dayak News lagi, apakah masih ada waktu untuk wawancara Pak Bupati, karena masih banyak lagi yang mau ditanya, Syah Affandi mengatakan sebenarnya saya mau rapat Adinda, jadi mau cepat, tolong jangan marah ya.

Demikian Bincang-bincang Jurnalis Dayak News bersama Bupati Langkat H Syah Affandi SH dalam waktu 30 Menit Selasa (24/10/2023) di Kantor Bupati. Amin. (Said Kamal Dewa S.Sos)

 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.