PERPANI GUMAS AJAK KESERIUSAN ATLET PANAHAN BERLATIH

oleh -117 views
Dodi Eduardo, Sekretaris KONI. bersama para atlet panahan kabupaten gunung mas di Kuala Kurun.

Kuala Kurun, 15/2/2020 (Dayak News). Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengajak para atlet panahan setempat untuk terus meningkatkan semangat berlatih.

Sebagaimana diketahui, olah raga panahan punya segudang manfaat yaitu, mengontrol emosi, meningkatkan konsentrasi, sampai menguatkan otot tubuh.

Buat anak – anak muda Gumas, latihan memanah bisa dilakukan bersama Perpani Gumas di kompleks stadion mini Kuala Kurun.

Atlet muda panahan Gumas, Doni Candra Prastio yang gigih berlatih panahan dilapangan kompleks stadion mini Kuala Kurun.

“Sengaja berlatih ditempat ini agar dapat menarik minat dan bakat masyarakat dibidang olahraga panahan sekaligus mendorong generasi muda Gumas punya kegiatan positif”, ucapnya.

Selain berlatih, beliau juga terbuka untuk berbagi ilmu untuk masyaarakat luas yang ingin berlatih panahan.

Dari pantauwan wartawan Dayaknews kegiatan setiap sore dilakukan itu persis berada di samping kantor KONI dan menjadi pusat perhatian masyarakat sekitar, termasuk pengurus Koni yang saat itu sedang berkantor.

Seperti, Jumat sore (14/2/2020),Candra berbagi tips memanah ke Dodi Eduardo, Sekretaris KONI.

“Ketika memanah, seorang pemanah harus benar-benar dapat menguasai atau mengendalikan emosinya karena stabilitas emosi sangat berpengaruh terhadap pencapaian skor. Cuaca, kelembaban udara, terpaan angin merupakan tantangan yang harus ditaklukan pada saat memanah,”ucap atlet muda Gumas yang juga tercatat sebagai mahasiswa Universutas Palangka Raya (UPR).

“Pemanah juga harus mengambil keputusan yang tepat sesaat sebelum melepaskan panahnya ke sasaran ketika terjadi angin. Sistem penilaian dalam panahan juga mengajarkan pemanah untuk jujur karena skoring tidak dilakukan oleh wasit atau juri, tetapi dilakukan sendiri oleh pemanah”, tambah peraih perunggu dalam Porprov Kalimantan Tengah 2018.

Ketua Koni Kabupaten Gumas, Febrianto Octafanus lewat sambungan telphon mengatakan, sangat mengapresiasikan dan mendukung kegiatan yang dilakukan Perpani Gumas.Dengan kegiatan ini juga dapat mengasah kemampuan para atlet untuk mengejar prestasi.

BACA JUGA :  GUBERNUR H. SUGIANTO RESMIKAN JEMBATAN PANGKALAN BUN - KOLAM

“Dalam rencana program kerja Koni 2020, kegiatan ini termasuk dalam pembinaan cabor dan jadi fokus kami untuk memasyarakatkan olah raga, sehingga kita bisa mendapatkan hasil maksimal dan membanggakan untuk kabupaten Gumas”. ucapnya. (DES/ES/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *