Euro 2024 Telah Membagi Grup Putaran Final

oleh -
oleh
Euro 2024 Telah Membagi Grup Putaran Final 1

Palangka Raya (Dayak News) – Turnamen sepakbola kelas dua bergengsi, yaitu Euro 2024 akan diselenggarakan di Jerman, 14 Juni hingga 14 Juli 2024. Hal ini merupakan perhelatan ketiga bagi negeri sosis itu menjadi tuan rumah sejak 1972 dan 1988.

Putaran kualifikasi sejak September 2022 telah meloloskan 21 negara-negara Eropa anggota badan sepakbola Eropa UEFA. Tiga negara yang belum lolos masih harus memainkan laga playoff pada bulan Maret 2024.

Pengundian turnamen putaran final sudah diadakan di Hamburg, salah satu kota yang menjadi ajang turnamen, pada hari Sabtu 2 Desember 2023 lalu. Jerman sebagai tuan rumah tidak ikut kualifikasi dan langsung menduduki posisi unggulan pertama di grup A. Hasilnya adalah,

Grup A: Jerman, Skotlandia, Hongaria, Swiss

Grup B: Spanyol, Kroasia, Italia, Albania

Grup C: Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris

Grup D: Pemenang play-off A, Belanda, Austria, Prancis

Grup E: Belgia, Slovakia, Rumania, Pemenang Play-off B

Grup F: Türkiye, Pemenang play-off C, Portugal, Czechia

Jerman berambisi untuk menjadi juara baru Eropa setelah terakhir merengkuh gelar itu, sudah lama, yaitu tahun 1996 ketika turnamen digelar di Inggris.

Bersama Skotlandia, Hungaria dan Swiss di Grup A nampaknya Jerman hanya perlu mewaspadai Hungaria, yang beberapa tahun belakangan telah menanjak kembali. Kedua negara sempat menjadi rivalitas pada dekade 1940-an hingga 1950-an, terakhir dramatis ketika di Piala Dunia 1954 di Swiss, Jerman membungkam Hungaria 3-2 dan menjadi juara dunia untuk kali pertama.

Jerman memiliki suntikan semangat setelah tim yunior mereka U-17 berhasil menjuarai piala dunia semalam di Surakarta Indonesia.

Persaingan klasik antara Italia dan Spanyol justru terjadi di grup B.

BACA JUGA :  LAGA BELGIA VERSUS PORTUGAL BISA SAMPAI ADU PENALTI

Sedangkan di grup C nampaknya Inggris dan Denmark cukup bisa diyakini akan lolos ke fase gugur.

Grup D menjadi kans kuat meloloskan bersama antara Perancis dan Belanda.

Grup E kemungkinan masih didominasi generasi emas Belgia dan juga kebangkitan Rumania.

Sedangkan grup F yang menjadi grup neraka kali ini, mempertemukan Portugal, Republik Ceko dan Turkiye.

Portugal merupakan satu-satunya tim lolos yang menyapu bersih poin kemenangan (clean sheet) di klasemen grup dengan 30 poin. Luar biasa.

Tiga tempat terakhir peserta terakhir turnamen ditentukan melalui babak play-off, yang dijadwalkan pada Maret 2024 mendatang. Dari sumber UEFA.com (CPS/ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.