MISTERI DALAM GRUP F DI EURO 2021…

oleh -9 views
MISTERI DALAM GRUP F DI EURO 2021… 1

Palangka Raya (Dayak News) Siapa yang mengenal Hungaria tim yang tidak diketahui prestasinya lagi setelah kandas dalam final World Cup 1954 di Bern Swiss. Lebih dari 65 tahun sudah kejadian yang paling dramatis dalam sepakbola dunia itu, nyaris tidak diketahui publik pecinta sepakbola lagi.

“Keajaiban Bern” benar-benar sebuah cerita bola yang ajaib. Final yang mempertemukan dua tim yang sungguh jomplang antara Hungaria the Wonder Team melawan Jerman Barat yang baru saja kalah perang dan sedang membangun ekonominya. Tim nasional bola Hungaria baru saja perkasa menjuarai Olimpiade 1952 dan teramat disegani dalam kancah sepakbola dunia waktu itu. Sebaliknya Jerman Barat, masih dipandang sebelah mata.

World Cup 1954 menjadi sepenggal kisah yang tragis tentang lenyapnya Hungaria dari daftar level tertinggi bola dunia. Ironisnya ajang itu menjadi gerbang kejayaan Jerman Barat untuk seterusnya hingga kini. Jerman Barat digdaya setelah merebut trofi pertamanya dari koleksi empat titel itu hingga ajang World Cup 2014 Brasil lalu. Hungaria belum pernah sekalipun merasakan titel juara dunia.

Final World Cup di Bern Swiss dengan sistem tiga tim dalam satu grup itu sudah pernah mempertemukan Hungaria dan Jerman Barat dengan keunggulan 8-3 untuk timnas Magyar. Tetapi berkat kemenangan atas Austria, Jerman Barat lolos sebagai runner-up grup hingga melaju ke partai final bertemu lagi keduanya.

Dalam partai final hampir 100 persen publik bola dunia sudah memprediksi Hungaria bakal membabat Jerman Barat lagi dengan mudah. Memang dalam babak pertama Ferenc Puskas mengungguli Jerman Barat 2-1 berkat gol-gol Puskas dan Sandor Kocsis.

Hujan gerimis membawa babak kedua menjadi neraka bagi Hungaria karena kapten Jerman Barat Fritz Walter senang dengan keadaan lapangan licin dan becek. Dua gol penentu dibuat oleh Schaffer dan Walter membalikkan prediksi dan Jerman Barat menjuarai turnamen itu, suatu awal disebut tim Diesel yang lambat panas tetapi semakin tokcer hingga fase akhir.

Setelah Keajaiban Bern Hungaria lalu perlahan turun dan lalu lenyap dalam pembicaraan bola dunia hingga kini.

Para analis bola dunia masih berdebat hingga saat ini mendiskusikan apa penyebab dropnya persepakbolaan Hungaria yang pernah begitu perkasa itu. Bisa dikatakan telah menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Tidak berapa lama lagi, ajang Piala Eropa (Euro) 2021 akan digelar di 12 kota se-Eropa mulai 12 Juni nanti hingga partai final 12 Juli.

Ajang bola yang atraktif ini menghadirkan kembali dua legenda tim yang pernah bertemu di final World Cup 1954, Jerman dan Hungaria. Tapi dengan skema terbalik. Hungaria datang dari antah berantah dan hanya lolos dari kualifikasi melewati partai play off. Jerman justru digadang-gadang sebagai kandidat juara. Apakah ini seperti De Ja Vu (mimpi yang terulang)?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.