QUARTARARO SELEBRASI ALA CR7, MARQUEZ NANGIS

oleh -7 views
QUARTARARO SELEBRASI ALA CR7, MARQUEZ NANGIS 1
(FOTO : IST)

Jakarta (Dayak News) MotoGP 2021 seri ketiga di Sirkuit Portimao, Portugal baru saja usai. Sejumlah peristiwa terjadi, mulai dari selebrasi ala Ronaldo dari juara race Fabio Quartararo, crash sejumlah pebalap, hingga tangisan Mark Marquez.

Quartararo meraih kemenangan dengan mengalahkan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia pada balapan yang digelar Minggu (18/4/2021) malam WIB.

Balapan MotoGP Portugal diwarnai kecelakaan Alex Rins yang sedang bersaing dengan Quartararo di posisi terdepan. Pemuncak klasemen MotoGP 2021 Pramac Johann Zarco juga kecelakaan saat bersaing meraih podium melawan Joan Mir dan Bagnaia.

Kecelakaan juga dialami sejumlah pembalap papan atas, termasuk Valentino Rossi, Jack Miller, dan juara bertahan MotoGP Portugal musim lalu Miguel Oliveira.

Johann Zarco memulai balapan dengan sempurna dan memimpin atas Rins. Quartararo yang memulai dari pole turun ke posisi enam setelah melakukan start buruk. Marc Marquez sempat naik ke posisi tiga sebelum disalip Mir di lap pertama.

Marquez kemudian melakukan kesalahan di lap dua setelah menyenggol bagian belakang. Kesalahan itu dimanfaatkan Quartararo dan Jack Miller untuk menyalip. Quartararo kemudian naik ke posisi tiga dengan meleewati Mir.

Rins sukses mengambil alih pemimpin balapan dari Zarco pada lap kelima. Persaingan ketat antara Rins vs Quartararo dan Zarco vs Mir terjadi mulai lap ketujuh.

Dia kemudian berhasil menyalip Rins dan memimpin MotoGP Portugal 2021 pada lap kesembilan. Sementara Mir dan Zarco juga masih bersaing ketat untuk memperebutkan posisi ketiga. Di posisi ini Marquez masih bertahan di posisi sembilan.

Setelah sempat bersaing ketat dengan Rins, Quartararo akhirnya bisa bernapas lega pada lap ke-19 setelah Rins melakukan kesalahan di tikungan kelima dan terjatuh. Padahal keduanya sudah unggul 3,7 detik atas pembalap di belakangnya.

Satu lap kemudian giliran Zarco yang mengalami kecelakaan saat sedang bersaing dengan Mir dan Bagnaia.

Quartararo akhirnya menang MotoGP Portugal 2021 dengan mengalahkan Bagnaia dan Mir yang finis di posisi ketiga. Sebelumnya, pebalap asal Prancis ini sukses juga jadi juara di MotoGP Doha alias mampu back to back.

Selepas balapan, Quartararo tak bisa menahan kegembiraannya. Begitu turun dari motor, dia melompat dan berputar menirukan selebrasi megabintang sepakbola Cristiano Ronaldo. Usut punya usut, Fabio Quartararo memang nge-fans sama CR7. Apalagi, Quartararo menang di Portugal di kampung halamannya Cristiano Ronaldo.

“Cristiano Ronaldo adalah contoh terbaik buat Saya. Dia sudah berusia 35 tahun tapi masih di puncak kariernya. Dia adalah orang yang sangat terlatih dan terus bekerja keras,” kata Quartararo sutu ketika.

Beda rider, Marc Marquez menangis setelah berhasil menyelesaikan balapan ini. Dia kembali setelah absen sembilan bulan karena cedera.

Start dari posisi keenam, pembalap Repsol Honda itu berada di posisi keempat memasuki tikungan pertama. Namun, The Baby Alien mengalami kesulitan untuk mempertahankan posisi. Cedera yang belum sepenuhnya pulih membuat Marquez kesulitan bersaing dengan pembalap yang lain.

Marquez kemudian sempat tercecer hingga ke posisi sembilan. Meski begitu, juara dunia MotoGP enam kali itu tetap mampu mempertahankan posisi di sepuluh besar hingga akhir balapan.

Kecelakaan yang dialami Jack Miller, Alex Rins, dan Johann Zarco di sisa pertandingan membuat Marquez berhasil finis di posisi tujuh di depan sang adik, Alex Marquez.

Marquez langsung menjadi pembalap Honda tercepat di MotoGP Portugal. Alex finis kedelapan, Takaaki Nagakami finis di posisi sepuluh, sementara Pol Espargaro gagal finis karena masalah teknis.

Sukses finis ketujuh membuat Marquez meraih sembilan poin di MotoGP Portugal. Sesampainya di paddock Repsol Honda, pembalap asal Spanyol itu tidak bisa menahan air mata.

Marquez menangis. Setelah mengucapkan sesuatu kepada kru tim, Marquez mendapat tepuk tangan meriah dari anggota kru Repsol Honda.

Tangis Marquez muncul setelah pembalap 28 tahun itu sebelumnya mengatakan sempat takut tidak bisa kembali balapan di MotoGP setelah absen sembilan bulan.

Hasil MotoGP Portugal 2021:

1. F. Quartararo (41 menit 46,412 detik)

2. F. Bagnaia (+4.809)

3. J. Mir (+4.948)

4. F. Morbidelli (+5.127)

5. B. Binder (+6.668)

6. A. Espargaro (+8.885)

7. M. Marquez (+13.208)

8. A. Marquez (+17.992)

9. E. Bastianini (+22.369)

10. T. Nakagami (+23.676)

Crash:

Johann Zarco

Alex Rins

Valentino Rossi

Jack Miller

Pol Espargaro

Klasemen Sementara MotoGP 2021:

1.  Fabio Quartararo (Poin: 61)

2. Francesco Bagnaia (46)

3. Maverick Vinales (41)

4. Johann Zarco (40)

5. Joan Mir (38)

6. Aleix Espargaro (25)

7. Alex Rins (23)

8. Brad Binder (21)

9. Enea Bastianini (18)

10. Jorge Martin (17)

11. Franco Morbidelli (17)

12. Jack Miller (14)

13. Pol Espargaro (11)

14. Marc Marquez (9)

15. Alex Marquez (8)

16. Stefan Bradl (7)

17. Takaaki Nakagami (6)

18. Luca Marini (4)

19. Valentino Rossi (4)

20. Miguel Oiveria (4)

21. Danilo Petrucci (3)

22. Lorenzo Sacadiro (2)

23. Iker Lecuona (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *